Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 25 Desember 2017, 12:15 WIB

Pengguna Motor Trail Uji Nyali di Toraja

Jaya Hartawan - detikOto
Pengguna Motor Trail Uji Nyali di Toraja Foto: Jaya Hartawan
Makale - Ajang uji nyali para rider di atas motor trail, kembali digelar dalam gelaran One Day Trail Toraja Adventure, dengan mengambil garis start dan finish di Kolam Makale, Kabupaten Tana Toraja Sulawesi Selatan.

Panitia One Day Toraja Adventure yang diadakan pada Sabtu (23/12/2017) menyediakan hadiah utama seperti 1 unit mobil pikap, 2 unit Kawazaki KLX 150 cc, 10 motor dan hadiah hiburan lainnya.

Trek yang ditempuh para rider sejauh kurang lebih 80 km, memasuki kawasan perkampungan, persawahan, hutan pinus, pegunungan, sungai, jembatan gantung, pasir, dan lumpur cukup memberikan tantangan bagi rider untuk bisa menaklukkan medan yang telah di siapkan panitia sedemikian rupa.

Salah satu peserta yang juga menjabat sebagai Sekretaris DPRD Luwu Utara, Muchtar Jaya mengatakan, Tim Lutra sebanyak 65 orang sangat senang dan puas bisa mengikuti event ini.

"Secara fisik walaupun sudah berumur, namun jangan pernah berkata Never Say Old (jangan pernah berkata tua), dan untuk track di One Day Toraja sangat bagus serta menantang karena bervariasi dan benar-benar memberikan uji nyali bagi para rider dan itu sehingga cukup lengkap," katanya.

Muchtar Jaya sendiri berusaha menaklukkan medan berat bersama 65 orang satu timnya.

Sementara itu, Yulius Dakka selaku Ketua panitia pelaksana One Day Toraja Adventure mengatakan, event ini sudah mecapai 1.780 peserta dari target, dan peserta ada datang dari Sulteng , Kalimantan, Manado, Bangai Laut dan Papua. "Kegiatan ini akan jadi agenda tahunan. Ini merupakan start awal. Ke depan akan lebih besar lagi," kata Yulius.

Pada Sabtu 23 Desember 2017 tepat pukul 09.00 Wita, peserta One Day Toraja Adventure dilepas oleh Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae. Dalam sambutannya, Nicodemus Biringkanae mengatakan, pihaknya mengangkat tajuk Jelajah Wisata Alam Toraja melintasi medan yang menantang dengan memiliki pesona alam yang indah.

Ia juga berpesan komunitas trail ini menjadi pengurai kebekuan terhadap bangsa sekaligus menjadi perekat merajut kebersamaan di negeri ini. Sementara ribuan rider yang sudah tidak sabar untuk segera menaklukkan medan alam Kabupaten Tana Toraja pun saling berupaya memacu motor trailnya.

Dalam melewati jalur yang dinilai cukup berat, acap kali para rider pun harus ekstra perhitungan dalam mengendalikan motor trailnya agar tidak terjatuh. Namun, cukup berhati-hati acap kali tidak ditopang oleh kondisi motor, ada saja rider yang mengalami putus rantai saat mencoba menaiki tanjakan dengan kemiringan hampir 45 derajat.

Sementara Tim Kapolres Jeneponto , Kapolres Sinjai , Kapolsek Morowali yang ikut serta dalam event ini juga tidak mau kalah dengan rider lain untuk menggeber motor trailnya di medan cadas.

Satu persatu para rider pun akhirnya dapat melintasi medan yang telah disiapkan, dan kembali ke areal lokasi Kolam Kota Makale dalam kondisi motor penuh tanah. Namun ada sebagian yang langsung mencucinya di tempat pencucian motor sebelum menuju garis finish.

Beruntung bagi Joni Malu dari Bolu Rantepao kabupaten Toraja Utara satu dari sekian rider yang mendapatkan hadiah utama mobil pikap. Ia menuturkan, sangat senang sekali, dan ini merupakan yang kedua kalinya beruntung. Pertama mobil karimun saat event Trail Adventure di Kabupaten Wajo. "Medannya cukup mantap dan menantang, dan siap ikut kalau ada event di mana pun, dan lewat event ini banyak mendapat kenalan teman dari daerah lain," katanya.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed