Senin, 27 Nov 2017 09:02 WIB

Ratusan Pecinta Skuter Buat Sesak Tegal

M Luthfi Andika - detikOto
Komunitas Vespa Foto: Pool Komunitas Vespa Foto: Pool
Tegal - Ratusan penggemar vespa dari penjuru daerah kumpul di kawasan Pantai Alam Indah (PAI) Tegal, demi menghadiri hajatanpara Scooterist komunitas Tegal Vespa Indonesia (TVI) dengan tema 'Bervespa Ke Negeri Poci'. Ajang ketia kalinya ini digelar pada 25-26 November 2017 lalu.

Pertemuan komunitas scooter yang digelar ini memang sudah menjadi agenda tahunan. Sebagai catatan arti tema kali ini sebagai simbol bahwa Tegal merupakan kota dengan pembuat poci terbanyak.

Menurut Aris Sutrimo selaku Ketua Pelaksana, ajang ini diadakan sebagai bentuk silaturahmi dan halalbihalal antar komunitas vespa. Dari hasil catatan panitia, peserta yang datang mencapai kurang lebih 1.000 orang mewakili dari 75 klub/komunitas.

Mereka datang dari berbagai kota besar dari seluruh Indonesia seperti, Semarang, Yogyakarta, Purwokerto, Pemalang, Cirebon, Majalengka, Kuningan, Bandung, dan Jakarta.

"Ada juga peserta dari luar Jawa, selain itu, ratusan peserta dari wilayah eks Karesidenan Pekalongan," paparnya.

Selain menjadi ajang silaturahmi dan halal bihalal, acara ini juga menampilkan Vespa yang masih original dan Vespa yang sudah dimodifikasi. Ada juga Vespa modern keluaran terbaru dari pabrikan Piaggio.

Walikota tegal H. Nursholeh sangat senang kota tegal dijadikan tuan rumah dalam acara tersebut, karen bisa sekaligus ikut mempromosikan potensi wisata alam yang ada di kota Tegal.

Tidak hanya menampilkan Vespa original, vespa modifikasi juga ikut dipajang. Modifikasi unik seperti skuter dengan panjang dua meter bahkan lebih juga ikut ditampilkan.

Motor-motor Vespa atau scooter ini tampil dengan unik dengan dandanan yang "nyeleneh", bahkan tidak jarang beberapa pemilik Vespa bersespan tidak segan untuk menempelkan aneka aksesoris yang membuat penonton tersenyum, seperti menempelkan boneka, ban bekas, tanaman, gading ternak dan aneka aksesoris lainnya.

Selain itu, untuk urusan tidur,pantia juga nyediakan tenda barak para peserta nampaknya tidak ambil pusing, dikarenakan pihak panitia tidak menyediakan penginapan, banyak yang membawa tenda sendiri dan peralatan camping ada juga terdapat peserta yang membawa sespan mampu disulap menjadi tempat tidur , sementara salah satu klub vespa dari Banyumudal Scooterist Independent (BASI) dari Moga Pemalang menyediakan dapur umur yang menyajikan teh,kopi dan makanan seperti ubi secara gratis kepada peserta yang ikut dalam hadir dalam acara tersebut.

Berbagai acara juga digelar untuk dimeriahkan acara, diantaranya hiburan kesenian tradisional, senam pagi bersama, acara sosial berupa donor darah, hingga menggelar live music reggae dan dangdut. Tidak kalah menarik panitia menyediakan 2 unit Vespa sebagai doorprice untuk peserta.

Para pecinta vespa juga mengadakan Scooter Contest dalam 3 kelas terdiri dari Kelas Original, Retro Classic dan Kelas Modifikasi.

Pada ajang ini, berbagai kegiatan positif terselenggara seperti saling bertukar pengalaman menyangkut cara perawatan, cara memperoleh suku cadang yang mungkin susah dicari dipasaran. Selain itu, pada ajang ini juga terdapat beberapa penjual onderdil dan asesoris dan kuliner yang menggelar dagangannya di tempat yang disediakan oleh panitia .

Hingga Minggu, digelar pula beberapa acara hiburan , selanjutnya pengumuman pemenang kontes dan ditutup dengan pertunjukan Live Dangdut. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed