Senin, 01 Des 2014 08:22 WIB

Nasionalisme Jambore YRFI

- detikOto
Klaten - Komunitas pengguna motor Yamaha seluruh Indonesia yakni Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI) menggelar Jambore Nasional (Jamnas) ke-2. Jambore berlangsung meriah diikuti 4.000 orang anggotanya dari 21 provinsi di Indonesia.

Jambore tahun ini dilaksanakan di Komplek Candi Sewu, Klaten Jawa Tengah, 29-30 November. Jamnas dipenuhi berbagai aktivitas yang mencerminkan nasionalisme cinta tanah air, sesuai temanya Satukan Kebudayaan & Kebersamaan Untuk Indonesia.

Tahun lalu Jamnas YRFI yang pertama diadakan di sirkuit Sentul Karting yang merupakan bagian dari rangkaian event Yamaha Asean Cup Race. Jamnas memecahkan rekor dimana 3.500 orang anggotanya beriringan mengitari sirkuit itu, jumlah terbanyak yang pernah melakukannya.

Dan tahun ini di bulan November dimana momen Hari Pahlawan dirayakan, YRFI pun mengenangnya dengan menggelar Upacara Bendera Merah Putih di Candi Sewu, Minggu 30 November.

Petugas upacaranya pun anggota YRFI yang mengenakan seragam tema pejuang pahlawan kemerdekaan, dipandu juga oleh anggota Pasukan Khas TNI Angkatan Udara. Marching Band Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang atraktif juga memeriahkan acara ini.

Lalu untuk menyatu dengan alam indah sekitar Candi Sewu, para peserta bermalam di Camp Ground. Di tenda yang disediakan, dilaksanakan Sarasehan Jamnas. YRFI juga menunjukkan jiwa kemanusiaannya dengan Bakti Sosial di sekitar area candi diantaranya kerja bakti, donor darah dan penanaman pohon palem.

"Memupuk nasionalisme dan cinta Tanah Air sangat penting sebagai bangsa Indonesia, karena itu di Jamnas YRFI ke-2 ini mengangkat tema Satukan Kebudayaan & Kebersamaan Untuk Indonesia. Yamaha menyatukan ribuan anggota YRFI yang hadir untuk bersama-sama mempererat rasa nasionalisme itu dan kekeluargaan yang selama ini telah terjalin dengan baik. Semoga dapat menjadi inspirasi positif bagi negeri ini," papar Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Mohammad Masykur.

Kesenian tradisional yang melekat erat dengan bangsa Indonesia pun ditampilkan untuk menggungah cinta kepada negeri.

Reog Ponorogo khas Jawa Timur dipilih tampil di Jamnas kali ini. Budaya negeri lainnya diikuti sendiri peserta dalam Lomba Fun Club tarik tambang, panjat pinang, lomba rakyat lainnya serta fun foto contest wisata dan kuliner.

Edukasi safety riding pun diberikan buat para peserta yang dipandu dari Kepolisian setempat.

Dan untuk memenuhi passion akan sepeda motor yang pastinya dimiliki para anggota YRFI, panitia menggelar kontes modifikasi motor dan kontes motor jadul. Berbagai entertainment juga disajikan untuk menghibur peserta seperti band perform, sexy dancer, lady bike washer, freestyle perform, nobar film box office dan Trykhana games.

Di Jamnas ini juga diadakan bazaar makanan, bazaar sparepart & asesoris sepeda motor serta freecheck service diberikan buat peserta yang kendaraannya mengalami masalah.

Bebas biaya penggantian sparepart dan oli yang dijual di tenda sparepart. Tak lupa, kegiatan marketing penjualan di booth dimana salesman dan pengunjung venue Jamnas dapat melakukan transaksi penjualan.





(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com