Kamis, 14 Nov 2019 17:00 WIB

Komunitas Ferrari Tolak Mobil Selundupan

Luthfi Anshori - detikOto
Komunitas FOCI Foto: FOCI Komunitas FOCI Foto: FOCI
Jakarta - Barang mewah seperti supercar Ferrari memang rentan diselundupkan. Selain menghindari pajak, biasanya barang yang dibawa masuk secara ilegal merupakan varian terbatas, alias limited edition. Contohnya sepertinya Ferrari Model 458 Speciale yang dibawa dari Singapura ke Palembang, Sumatera Selatan, oleh terdakwa M Hatta Ansori.



Komunitas Ferrari Owners Club Indonesia (FOCI) pun angkat bicara soal penyelundupan Ferrari tersebut. Ketua Umum FOCI Hanan Supangkat, mengatakan anggota komunitas tidak mendukung keberadaan Ferrari yang dibawa masuk ke Indonesia tanpa surat-surat lengkap alias bodong.

"Betul (kami tidak mendukung mobil Ferrari yang diselundupkan)," kata Hanan, kepada detikcom, Kamis (14/11/2019).



Lanjut Hanan, kecil kemungkinan pihak penyelundup Ferrari menawarkan barangnya ke komunitas Ferrari seperti FOCI.

FOCIFOCI Foto: dok. FOCI


"Biasa (lari-Red) ke luar kota yah (kalau mobil selundupan-Red) atau mungkin juga di luar komunitas (jualnya-Red)," terang Hanan.

Sebelumnya Hanan juga menyampaikan keprihatinannya atas penyelundupan Ferrari tersebut. Menurut Hanan, penyelundupan barang kategori mewah itu bisa menimbulkan kerugian untuk negara. "Saya cukup terkejut mendengar berita ini. Karena ini sangat merugikan negara," kata Hanan.



Hanan pun mengapresiasi kerja pemerintah dalam menindak barang yang diimpor ke Indonesia secara ilegal.

"Yang dilakukan BC (Bea Cukai) sudah sangat tepat. Ke depan saya rasa hal-hal ini tidak seharusnya terjadi lagi, dengan sistem yang lebih baik," terang Hanan.

Simak Video "Selain Harley, Ferrari di Lambung Garuda Minta Diusut"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com