Minggu, 07 Jul 2019 09:08 WIB

Perangi Narkoba, BNN Rangkul Komunitas Otomotif

Ristu Hanafi - detikOto
Komunitas ID42Ner. Foto: Ristu Hanafi Komunitas ID42Ner. Foto: Ristu Hanafi
Sleman - Badan Narkotika Nasional (BNN) merangkul komunitas otomotif untuk mencegah penyalahgunaan dan memerangi peredaran narkoba. Terlebih, saat ini muncul puluhan jenis obat yang rentan disalahgunakan.

"Upaya pemerintah untuk menggelorakan semangat stop narkoba, BNN merangkul 10 komunitas dan salah satunya adalah komunitas Fortuner ini," kata Deputi Bidang Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN), Yunis Farida Oktoris, Sabtu (6/7/2019) sore.



Hal itu disampaikannya di sela-sela menghadiri deklarasi antinarkoba sekaligus Jambore Nasional ke-2 Komunitas Fortuner Indonesia, di kompleks Candi Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Menurut Yunis, kalangan masyarakat yang salah satunya komunitas otomotif ini sangat membantu pemerintah untuk menyelamatkan generasi penerus bangsa dari ancaman narkoba.

"Ini adalah momen yang paling penting dan tepat karena komunitas adalah salah satu kepanjangan tangan dari pemerintah. Diawali dari kampanye stop narkoba secara masif, sosialisasi bahaya narkoba, apakah masyarakat tahu bahwa dijadikan target utama oleh para pengedar," terangnya.



"Penduduk Indonesia makin tahun meningkat, sekarang sekitar 264 juta dan masyarakat Indonesia umumnya berjiwa konsumtif sejak dulu," sambungnya.

Yunis menyebut, penyalahgunaan narkoba saat ini trennya sudah berubah. "Serba sintetis, mudah diperoleh. Jika kita tidak siap untuk mengkampanyekan stop narkoba, jadi apa negara kita nanti," ujarnya.

"Dan jenis obat terbaru (rawan disalahgunakan) di Indonesia sekitar 71 jenis yang sudah ada Permenkes, 76 jenis selebihnya masih dalam proses," imbuhnya.

Deklarasi antinarkoba ini diikuti oleh para anggota Toyota Fortuner Club of Indonesia (id42ner).

"Deklarasi antinarkoba ini kami lakukan bersama 270 member yang berasal dari 21 chapter dari berbagai daerah di Indonesia," kata Presiden id42ner, Duta Erlangga. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed