Minggu, 28 Apr 2019 20:03 WIB

Mobil Kuno Antik Banjiri Kota Purworejo

Rinto Heksantoro - detikOto
Foto: Rinto Heksantoro Foto: Rinto Heksantoro
Purworejo - Ratusan mobil kuno nan antik membanjiri pusat kota Purworejo, Jawa Tengah. Mobil berbagai jenis dan merek itu mengikuti acara Rally Wisata Jateng 2019.

Ketua Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI), Ronny Arifudin mengatakan bahwa rally tingkat nasional tersebut digelar dalam rangkaian acara HUT Kota Magelang ke 1.113 sekaligus untuk melestarikan keberadaan mobil kuno dan ikut mempromosikan pariwisata. Berbagai jenis mobil antik buatan tahun 1976 hingga 1928 berjajar memadati halaman dan sekeliling pendopo Kabupaten Purworejo bahkan hingga ke jalan raya.

Mobil Kuno Antik Banjiri Kota PurworejoFoto: Rinto Heksantoro


"Rally ini diadakan dalam rangkaian HUT Kota Magelang sekaligus untuk promosi wisata dan tetap melestarikan mobil-mobil kuno buatan tahun lawas, tentunya juga untuk menjaga tali silaturahmi antar peserta," kata Ronny saat ditemui detikcom di pendopo Kabupaten Purworejo, Sabtu (27/4/2019) kemarin.



Tidak hanya dari Purworejo, peserta rally juga datang dari luar daerah seperti Yogyakarta, Solo, Surabaya, Bali, Jakarta hingga Jambi. Sebelum tiba di Purworejo, rombongan melakukan touring start dari alun-alun kota Magelang menuju Kulonprogo DIY hingga akhirnya singgah di Purworejo.

Mobil Kuno Antik Banjiri Kota PurworejoFoto: Rinto Heksantoro


"Tadi start dari alun-alun kota Magelang terus Kulonprogo dan Purworejo. Pokoknya kita advanture, selama perjalanan kami juga singgah di tempat wisata," lanjutnya.

Sementara itu, Hauwke Setjodiningrat (51) salah satu peserta asal Jakarta tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut. Pria yang sudah keliling ke 70 negara itu datang bersama keluarga dengan membawa 3 jenis mobil kuno yang harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah.



"Saya bawa 3 mobil, pertama Jaguar E Type buatan tahun 1965, kedua Chevrolet tahun 1957 dan mobil Dodge tahun 1928," paparnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Agung Wibowo, yang jiga hadir di tengah-tengah acara berharap dari kegiatan tersebut bisa meningkatkan pariwisata di Jawa Tengah termasuk Purworejo sendiri. Meski terbatas oleh waktu yang sempit, namun rally mobil-mobil kuno itu merupakan salah satu promosi wisata yang luar biasa.

"Ini merupakan promo yang luar biasa karena pesertanya nasional. Untuk di Purworejo kita arahkan ke wisata heritage setelah tadi juga melewati Pantai Jatimalang. Semoga makin banyak wisatawan yang datang ke Purworejo," ucap Agung. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com