Senin, 19 Nov 2018 18:33 WIB

Perbaikan Recall Mobil BMW Dilakukan di Acara Komunitas

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Recall BMW Foto: Rangga Rahardiansyah Recall BMW Foto: Rangga Rahardiansyah
Jakarta - BMW terbuka soal kampanye recall atau biasa mereka sebut sebagai technical update. Recall atau technical update ini sebenarnya merupakan tanggung jawab pabrikan kepada konsumennya. Karena kampanye itu menyangkut keselamatan dan kenyamanan penggunanya.



Jika ada masalah pada mobil secara massal, maka pabrikan seharusnya segera memperbaiki mobil tersebut. Konsumen pun diminta koperatif dalam hal technical update ini demi keamanan dan kenyamanan penggunaan.

Terkadang memang konsumen yang memiliki mobil yang terkena dampak recall sulit dihubungi. Mungkin mobilnya sudah dijual ke tangan kedua dan seterusnya. Makanya, BMW menyediakan laman khusus agar pemilik mobil bisa melihat apakah mobil miliknya terkena dampak recall atau tidak dengan memasukkan nomor VIN.



Tak cuma itu, BMW Group Indonesia juga menggandeng komunitas seperti BMW Car Clubs Indonesia (BMWCCI) untuk mencari dan mendekati pemilik kendaraan yang mungkin terkena dampak. Bahkan, di ajang Indonesia Bimmerfest 2018 di mana semua pemilik mobil BMW berkumpul menjadi satu pun BMW Group Indonesia melakukan perbaikan technical update.

"Kita jemput bola, kita coba cari data di sini. Kebetulan kumpul di sini. Kalau kita cari customer kan mungkin mobilnya sudah berpindah tangan," kata Vice President Aftersales BMW Group Indonesia Ariefin Makaminan di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (18/11/2018).

Di acara Indonesia Bimmerfest 2018 yang diadakan di Semarang, Jawa Tengah, BMW melakukan technical update terhadap beberapa kendaraan. Sebelumnya, pemilik kendaraan-kendaraan tersebut meregistrasikan kendaraannya dengan menginput data VIN apakah mobilnya termasuk dalam kampanye perbaikan atau tidak dan komponen apa yang harus diganti.

"Dan ini dilakukan free tanpa dipungut biaya, baik parts maupun jasanya," sebut Ariefin.

Beberapa technical update yang dilakukan adalah penggantian airbag Takata. Penggantian airbag Takata dilakukan di Bimmerfest 2018 dengan waktu yang cukup singkat.

"Cuma 15 menit penggantian airbag Takata. Kita sediain stok (part pengganti) banyak," kata Ariefin. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed