Selasa, 06 Nov 2018 13:23 WIB

Info Komunitas

'Biarkan Ambulans Lewat Duluan'

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: AXIC Foto: AXIC
Jakarta - Suara sirine ambulans meraung di jalanan. Kalau Anda tengah berpapasan dengan ambulans, sudahkah anda memberi jalan kepada ambulans agar bisa lewat dengan mudah?

Di jalanan Jakarta dan sekitarnya kadang masih kita temui pengendara yang enggan memberi jalan buat ambulans. Karena itulah komunitas otomotif AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC) meluncurkan kampanye smart driving keenam yang bertajuk "Let the Ambulance Pass Through" alias "Prioritaskan ambulans di jalan raya!"

Peluncuran kampanye smart driving terbaru komunitas mobil dengan anggota hampir 6.000 ID dilakukan di acara "Sponsor & Media Partner Gathering AXIC" di kawasan Cawang, Jakarta Timur, Sabtu siang (3/11/2018) lalu. Acara ini juga mengundang para PIC chapter dan ketua cabang AXIC. Saat ini klub sudah memiliki 12 chapter di Jabodetabek dan 54 cabang di seluruh Indonesia.


AXICAXIC Foto: AXIC





"Selain gathering bersama mitra media dan sponsor, AXIC meluncurkan kampanye smart driving keenam; 'Let the Ambulance Pass Through'," kata
Taufik Hidayatulloh, Ketua Umum AXIC.

Menurutnya, kampanye mendahulukan ambulans di jalan dari AXIC ini lahir, akibat kekhawatiran komunitas saat jalanan makin macet, tapi masyarakat seperti kurang peduli terhadap ambulans.

Padahal menurut UU Lalu Lintas dan Jalan rata No 22 Tahun 2009 pasal 134 menyebutkan, ambulans termasuk jenis kendaraan yang harus diprioritaskan di jalan raya bersama mobil kepolisian dan pemadam kebakaran. Apalagi berdasarkan riset kami, banyak kejadian ambulans tidak mendapat prioritas oleh pengguna jalan.

"Kami ingin para pengguna jalan khususnya seluruh anggota AXIC menghormati ambulans saat melintas di jalan raya dan memprioritaskan melaju lebih dahulu," katanya.

Kampanye biarkan ambulans lewat ini merupakan kampanye safety driving keenam AXIC. Sebelumnya AXIC juga mengampanyekan Anti-Bahu Jalan, Seat Bell for All, No Texting While Driving, No Hazard Just for Emergency Only, dan Think before Cross the Flood.

Tonton Juga: Mana yang Didahulukan, Mobil Damkar atau Ambulans?

[Gambas:Video 20detik]

(ddn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed