Selasa, 14 Agu 2018 14:39 WIB

Komunitas Fortuner: Lawan Arus Arahan Petugas Patwal

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Dok. ID42NER Foto: Dok. ID42NER
Jakarta - Video konvoi komunitas Fortuner id42ner melawan arus saat melintas menuju kawasan Anyer jadi viral dan dikecam keras oleh netizen. Banyak yang menyoroti kegiatan tersebut karena tidak menghargai pengguna jalan lain.

"Seluruh rombongan mengikuti arahan Patwal, untuk selalu tertib berlalu lintas," ungkap Dimas Widianto, dari komunitas Id42ner memberikan keterangannya. saat dihubungi detikOto, Selasa, (14/8/2018).



id42ner mengklarifikasi bahwa melawan arus itu merupakan arahan dari petugas patwal dan petugas kepolisian setempat sesuai dengan kewenangan dalam memberikan diskresi.

"Foto-foto dan video serta berita yang beredar yang mengatakan rombongan mengambil jalur melawan arus terjadi pada saat rangkaian sedang dalam perjalanan menuju ke lokasi baksos di pondok pesantren Salafiah Al Khairiyah di Cidohok, Banten yang beralamat di Kampung Cidohok RT/RW 03/03 Desa Grogol Indah Kecamatan Anyer Kabupaten Serang Anyer. Kegiatan di lokasi baksos antara lain penyampaian bantuan pembangunan madrasah bagi anak yatim piatu binaan yayasan pondok pesantren, menyampaikan santunan kepada anak-anak yatim disana dan orang jompo di sekitar yayasan. Dikarenakan kondisi lalu lintas sedang dalam kemacetan parah sedangkan jadwal kegiatan id42ner padat dan di lokasi kegiatan baksos kehadiran rombongan sudah dinanti-nantikan, petugas patwal dan kepolisian setempat, sesuai dengan wewenangnya memberi diskresi dan mengarahkan rangkaian menggunakan jalur lawan arah yang saat itu tidak terlalu ramai agar semua jadwal dan rangkaian acara baksos bisa terlaksana dengan baik," ungkap Penanggung Jawab dan Ketua Panitia id42ner yang diterima detikOto.



Komunitas Id42ner mengaku akan terus mengevaluasi diri guna mengatur kegiatan touring lebih baik lagi, serta meminta maaf kepada masyarakat yang merasa terganggu kenyamanannya. Sebagai komunitas otomotif yang berkembang pesat, id42ner selalu berkomitmen untuk tunduk dan taat pada hukum dan aturan lalu lintas yang berlaku.

"Kami menyesali dampak rangkaian touring yang telah menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengguna jalan lain," tambahnya.



Tonton video Touring Fortuner Lawan Arah dan Bikin Macet

[Gambas:Video 20detik]

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed