Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 01 Oktober 2017, 18:15 WIB

Mau Beli Peugeot Bekas, Cek Dulu Beberapa Hal Ini

Ruly Kurniawan - detikOto
Mau Beli Peugeot Bekas, Cek Dulu Beberapa Hal Ini Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Dengan bandrolan harga bekas yang sangat murah, sepertinya mobil Peugeot seri 306 dapat masuk ke daftar list mobil untuk para pemula. Terlebih lagi sistem Peugeot sangat sederhana dibanding mobil racikan Eropa lainnya. Tetapi, sebelum membeli mobil bekas racikan Perancis tersebut ada beberapa hal yang harus diperhatikan nih Otolovers.

Menurut Mahendra Setiadji, salah satu pengguna Peugeot 306 yang kebetulan juga menjadi bagian komunitas Peugeot 306 mengatakan bagian cooling system dan kaki-kaki mobil merupakan hal utama yang harus diperhatikan.

"Sebelum beli mobil Peugeot harap cek kelistrikannya terlebih pada cooling system. Pastikan itu masih berjalan," kata Mahendra.

Karena apabila cooling system tidak berjalan, maka salah satu ECU sudah tidak berfungsi yakni ECU di bagian cooling system. Hal tersebut akan sangat berisiko overheating pada mobil. "Karena bila ini tidak berfungsi, pasti bakalan sering overheat mobilnya. Cara ceknya juga mudah kok," papar Mahendra.

"Saat mobil panas, coba saja matikan mesinnya. Pasti kipasnya akan terus berputar, nyala hingga mobil menjadi dingin kembali. Kalau tidak seperti itu, berarti ada yang salah dengan ECU cooling system," tambahnya.

Selain itu, selayaknya mobil racikan lainnya, kaki-kaki merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

"Kaki-kaki juga diperhatikan. Memang sudah wajib hukumnya sih untuk mengecek bagian ini bila ingin membeli mobil second," kata Mahendra.

Namun yang lebih penting, setelah melakukan pembelian mobil bekas harap segera menuju tempat spesialis penanganan mobil Peugeot. Jangan di bengkel umum biasa.

"Kalau di bengkel umum biasa khawatirnya sambungan ECU ke cooling system di-jumping, diloncatin. Padahal mereka ada penyambungnya. Tidak seperti mobil racikan Jepang," ujar Mahendra.

"Kalau itu sudah di-jumping, bakal sering overheat pasti," tutupnya (ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed