Momen Idul Adha Komunitas Datsun Potong Hewan Qurban

Budi Hartadi - detikOto
Senin, 12 Sep 2016 15:10 WIB
Foto: Chrisma Rachmadya
Jakarta - Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada setiap tanggal 10 bulan Dzulhijjah, merupakan hari dimana seluruh umat muslim di seluruh penjuru dunia berkumpul dan melakukan sholat Ied yang diikuti dengan penyembelihan hewan qurban untuk dibagi-bagikan kepada orang-orang yang kurang mampu.

Sebagai salah satu komunitas mobil terbesar di Indonesia, Datsun Go+ Community Indonesia (DGCI) didukung Nissan Motor Indonesia (NMI) menyelenggarakan kegiatan "DGCI Berbagi Qurban Idul Adha 1437 H".

Head of Datsun Indonesia Indriani Hadiwidjaja, menuturkan DGCI Berbagi Qurban merupakan sebuah perwujudan dari spirit Datsun yakni Dream, Access, and Trust.

"Kami selalu senantiasa memberikan akses kepada para risers agar bisa menikmati kebahagiaan bersama keluarga, terutama pada kegiatan DGCI Berbagi Qurban tidak hanya para risers dan keluarganya saja yang mendapatkan manfaat, tapi juga orang yang membutuhkan," kata Indri, Senin (12/09/2016).

Presiden of DGCI (POD) Mulya menerangkan, selain mendekatkan diri kepada masyarakat melalui DGCI Berbagi Qurban, diharapkan sebagai wadah kekeluargaan dalam menikmati Hari Idul Adha yang penuh rasa syukur dan kebersamaan.

"Ada empat wilayah yang menyelenggarakan event ini, yakni Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur," katanya.

Kepala Bidang Perkumpulan DGCI Ahdillah berujar, khusus untuk wilayah Jateng (Solo Raya) pelaksanaannya dilakukan pada tanggal 13 September, karena pada tanggal 12-nya banyak member yang masih merayakan di kampung halaman.

"Meskipun tanggal 13, tapi masih termasuk Hari Tasyrik dimana masih diperbolehkan melakukan penyembelihan hewan qurban," katanya.

Pria yang bekerja di bidang perbankan tersebut menambahkan, di Jawa Timur kegiatan ini dipusatkan di Sidoarjo, yakni di Musholla & TPQ Nurul Islam, Medaeng Waru.

Sementara itu, Ketua DGCI Chapter Solo Raya Heru Suryo menyampaikan penyembelihan hewan qurban berlangsung di Dk. Ngluar, Ds. Tepisari, Kec. Polokarto, Kab. Sukoharjo, mulai pukul 07.30 sampai selesai.

"Meskipun sedikit terlambat, namun tidak mengurangi semangat berqurban para member DGCI Solo Raya," ujarnya.

Di sisi lain, VPOD III ADR. Yudha bertutur dengan menjunjung tinggi semangat Kebersamaan Persaudaraan dan Kekeluargaan diharapkan para member dapat memaknai qurban sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan. (rgr/ddn)