Sabtu, 07 Mar 2020 08:59 WIB

Keren! Truk Buatan Purwakarta Ukir Sejarah Produksi Tembus 500 Ribu Unit

Ridwan Arifin - detikOto
Truk Hino Foto: Faidah Umu Safuroh
Jakarta -

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) dan PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) sebagai produsen kendaraan niaga truk dan bus, mencatatkan rekor baru dalam sejarah kendaraan komersial. Karena sejak 37 tahun lalu, Hino Indonesia sudah genapkan angka produksi mereka sebanyak 500 ribu unit.

"Model yang paling banyak diproduksi itu model FM (kode produksi sasis-Red), mungkin sekitar 45 persen dari total model," ujar Direktur Produksi PT HMMI, Timbul Simanjuntak di arena GIICOMCEV, Jakarta.

Model tersebut menjadi salah satu penguasa pasar atas penjualan truk Hino di segmen medium duty truck atau truk kategori III di pasar Indonesia, yakni Hino Ranger FM 260 JD 6x4 aplikasi dump truck.

Tidak hanya pasar dalam negeri, truk buatan Purwakarta ini juga melanglang buana ke luar Indonesia, yakni Filipina, Laos, Vietnam, Haiti, Bolivia, dan beberapa negara di Afrika Barat. Dengan total mencapai 13.000 unit dalam 10 tahun terakhir.

"Sejak kita mulai sejak tahun 2011, negara yang paling banyak kita ekspor adalah Vietnam, yang kedua adalah Filipina," kata dia.

Timbul menjelaskan Total Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Hino berkisar diangka 50-70 persen. Hino menargetkan dapat memproduksi 43.000 unit pada tahun 2022.

Pencapaian produksi kendaraan Hino ke 500.000 unit dicapai bersamaan dengan perayaan hadirnya Hino di Indonesia selama 37 tahun sejak berdirinya pada tanggal 17 Desember 1982.

Pencapaian ini diklaim menjadi bukti nyata keberadaan Hino dapat masyarakat luas melalui produk yang berkualitas, harga yang kompetitif serta mudah untuk mendapatkan suku cadang di jaringan service dan spare parts Hino di seluruh Indonesia. Pencapaian produksi kendaraan ke 500.000 unit tersebut merupakan hasil dari proses panjang, kerja keras dan adanya dukungan penuh dari pelanggan, dealer, pemegang saham, manajemen, karyawan, serikat pekerja, pemasok, Instansi Pemerintah terkait serta pihak-pihak lainnya.

Ilustrasi bus HinoIlustrasi bus Hino Foto: Hino

Sejarah panjang keberadaan Hino di Indonesia dimulai pada tahun 1967 dalam bentuk kendaraan bus lengkap yang merupakan hibah Pemerintah Jepang kepada Pemerintah Indonesia sebagai bentuk kompensasi pendudukan Pemerintah Jepang pada saat perang dunia kedua.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com