Kamis, 13 Feb 2020 08:48 WIB

Orang China Dilarang Masuk Pameran Otomotif India, Gimana di RI?

Luthfi Anshori - detikOto
Suasana IIMS 2018 Pameran otomotif IIMS. Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta -

Seiring merebaknya virus corona di China, pemerintah India menerapkan kebijakan ketat dengan melarang warga negara China mendatangi pameran otomotif di India yang digelar dalam waktu dekat ini. Bagaimana dengan Indonesia?

Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 akan digelar April nanti di arena JIExpo, Kemayoran, Jakarta. PT Dyandra Promosindo selaku pihak penyelenggara pameran itu pun tidak menutup mata terhadap fenomena corona.

Dijelaskan Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh, soal pelarangan warga China berkunjung ke IIMS 2020, pihaknya akan mengikuti aturan dari pemerintah.

"Kalau kita mengikuti kebijakan pemerintah. Karena China ini boleh dibilang salah satu partner kami di IIMS dari (zaman-red) terseok-seok dulu. Kalau aturan pemerintah (menyebut-red) bahwa (corona-red) ini membahayakan ya kita ikut dong. Tapi kalau inisiatif kita, ya jangan dong, kan itu sahabat kita. Masak orang lagi kena musibah, terus kitanya stop," ujar pria yang akrab disapa Kohen, kepada wartawan di Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Lanjut Kohen menjelaskan, sejauh ini belum ada imbauan dari pemerintah Indonesia untuk melarang warga China mengunjungi pameran otomotif di Indonesia.

"Belum ada (imbauan itu-red). Yang saya tahu malah China secara inisiatif sendiri membatalkan beberapa pameran internasionalnya dia dan melarang dulu delegasinya ikut ke acara-acara (otomotif-red), termasuk juga turis-turisnya," terangnya lagi.

Sementara untuk merek-merek otomotif China yang sudah eksis di Indonesia seperti Wuling dan DFSK, mengonfirmasi akan mengikuti pameran IIMS 2020.

"Mereka confirm. Karena kan ya mereka (pabriknya dan manajemennya-red) sudah di sini," jelas Kohen.

Pameran otomotif tahunan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 akan digelar pada 9-19 April 2020 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Lebih dari 20 agen pemegang merek (APM) otomotif roda empat dan roda dua dikonfirmasi mengikuti pameran otomotif pembuka ini.



Simak Video "Mengintip Gelaran IIMS 2019, Ada Apa Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com