Rabu, 08 Jan 2020 18:46 WIB

Mercy yang Terinspirasi dari Avatar, Bisa Bergerak Mirip Kepiting

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Mercedes-Benz
Las Vegas - Ajang Consumer Electronic Show (CES) 2020 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat, jadi momen tepat bagi pabrikan otomotif dunia untuk pamer teknologi masa depan. Acara ini juga jadi momen bagus bagi Mercedes-Benz untuk memperkenalkan mobil konsep VISION AVTR.

Mercedes-Benz VISION AVTR merupakan kendaraan dengan konsep yang menghubungkan manusia, mesin dan alam dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya. Mobil ini merupakan hasil kerja sama kreatif dengan pencipta tokoh Avatar.

"Mercedes-Benz selalu menjadi teknologi dan merek mewah. Dan inilah saatnya untuk membawa kemewahan dan keberlanjutan lebih dekat bersama. Karena bagi kami, keduanya bukan hal bertentangan," kata Ketua Dewan Manajemen Daimler AG dan Mercedes-Benz AG, Ola Källenius, dalam keterangan resmi di situs Daimler.


Mercedes-Benz VISION AVTRMercedes-Benz VISION AVTR Foto: Mercedes-Benz


Mercedes-Benz VISION AVTR mengusung sejumlah teknologi mutakhir yang dibuat dengan memperhatikan aspek-aspek keberlanjutan. Misal baterainya, dibuat dari bahan organik yang bisa didaur ulang. Baterai mobil ini menggunakan teknologi baterai revolusioner, yang dikembangkan dari sel kimia organik berbasis graphene, dan sepenuhnya bebas dari tanah dan logam langka.

Secara desain, Mercedes-Benz VISION AVTR punya lekuk bodi yang serba membulat, dengan bentuk roda seperti kelopak bunga. Dari segi fascia, mobil ini terlihat sporti dengan lampu LED yang memanjang. Bagian pintunya memakai model gunting, dan dibuat transparan seperti kaca. Sementara are belakangnya dibuat meruncing dengan lampu rem LED memanjang. Pihak Daimler mengatakan bahwa desain VISION ATVR sepenuhnya terinspirasi dari alam.

Mercedes-Benz VISION AVTR dilengkapi panel kontrol multifungsi di konsol tengah. Fitur ini memungkinkan pengemudi mengendalikan kendaraan secara intuitif hanya dengan meletakkan tangannya, selama ia tidak ingin melakukan perjalanan dengan mode autonomous.


Mercedes-Benz VISION AVTRMercedes-Benz VISION AVTR Foto: Mercedes-Benz


Yang menarik lagi, dengan pengaturan sumbu, mobil ini tidak hanya bisa berjalan dengan gerakan maju dan mundur, tetapi juga secara diagonal. Berbeda dengan kendaraan konvensional, VISION AVTR dapat bergerak menyamping sekitar 30 derajat. Yang disebut 'gerakan kepiting'. Keren ya.

"Mobil ini tidak hanya dirancang dengan indah, tetapi juga akan membuat koneksi yang lebih dekat dengan pengemudi dan lingkungan di sekitar mereka. Yang semoga akan menghasilkan pemahaman yang lebih baik tentang tanggung jawab kita terhadap dunia tempat kita hidup," kata produser film-film Avatar, yang memenangi Academy Award, Jon Landau.

Simak Video "The New GLS, SUV Mercedes Setingkat S-Class"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com