Selasa, 07 Jan 2020 17:54 WIB

Mobil SUV Ini Punya Panel Solar di Atapnya

Luthfi Anshori - detikOto
Fisker Ocean Foto: Fisker
Las Vegas - Setelah teaser pertamanya muncul lebih setahun lalu, Henrik Fisker akhirnya memamerkan crossover listrik untuk pertama kalinya di pameran CES 2020 Las Vegas, AS. Seperti dilansir dari Motor1, mobil listrik ini dilabeli sebagai Fisker Ocean.

Secara performa, Fisker Ocean diklaim punya jangkauan maksimum 300 mil atau mencapai 482 kilometer ketika baterai terisi dalam kondisi penuh. Menurut Fisker, Ocean menggunakan paket baterai 80 kWh untuk membantunya mencapai target jarak tempuh itu.


Fisker OceanFisker Ocean Foto: Fisker


Untuk detail daya dan waktu pengisian baterainya memang masih belum diketahui pasti, namun Fisker mengatakan crossover ramah lingkungan ini bisa mencapai kecepatan 60 mil per jam atau 96 km/jam hanya dalam 2,9 detik. Asyiknya lagi ada opsi penggerak roda dua (2WD) dan penggerak semua roda (All Wheel Drive).

Secara desain, Fisker Ocean tak jauh beda dengan SUV listrik kebanyakan. Fisker menggunakan pendekatan sederhana, mirip seperti yang dilakukan Tesla dengan Model Y dan Ford yang punya Mustang Mach-E.



Fisker Ocean akan mendapatkan head unit dengan panel layar sentuh besar, yang diletakkan di depan dan di tengah. Dan juga panel layar yang lebih kecil yang terletak di belakang kemudi, berperan sebagai panel instrumen digital.

Ada lima tombol yang bersembunyi di bawah layar tengah untuk memberi pengguna akses cepat ke layar beranda, dan untuk mengatur semburan AC, suhu, hingga sistem audio.



Salah satu hal yang juga menarik adalah bahwa Fisker Ocean akan menggunakan panel solar di atapnya. Namun belum dijelaskan secara pasti, fungsi utama dari panel solar ini. Apakah untuk membantu pengisian ulang baterai atau hanya untuk kondisi darurat saja.

Rencananya Fisker Ocean mulai dijual akhir 2021. Di AS, mobil listrik ini dibanderol mulai US$ 37.499 atau setara Rp 521 juta.

Simak Video "Mobil Listrik Termurah! Fiturnya Sangat Memuaskan "
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com