Kamis, 07 Nov 2019 08:38 WIB

Rio Haryanto Harap Formula E Jakarta Lancar, Safety Diperhatikan

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Ajang balap mobil listrik Formula E dipastikan akan digelar di Jakarta pada Juni 2020. Respons positif terhadap gelaran jet darat ramah lingkungan tersebut juga datang dari pebalap yang pernah bersaing di Formula 1, Rio Haryanto.

"Saya sangat senang bisa mendengar kabar ini dari dulu sepertinya agak sulit untuk menyelenggarakan event internasional," kata Rio saat ditemui di Jakarta, Rabu (6/11/2019).



Sirkuitnya sendiri rencananya akan berada tepat di Jantung ibu kota Jakarta. Jakarta Propertindo (JakPro) bersama Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) sudah menyelesaikan rencana sirkuit untuk pergelaran Formula Edi Jakarta pada 2020. Lintasan yang digunakan masuk ke dalam kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Dilihat dari slide yang dipaparkan JakPro saat rapat Komisi D, ditampilkan rencana sirkuit yang akan digunakan. Jalan yang digunakan adalah Jalan Medan Merdeka Selatan, kemudian masuk ke Monas.

Foto: Arief Ikshanudin/detikcom


Garis start akan dimulai dari Jalan Medan Merdeka Selatan ke arah patung Arjuna Wiwaha atau Patung Kuda. Kemudian, masuk ke kawasan Monas dari gerbang silang barat daya Monas, yakni pertemuan Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan Medan Merdeka Selatan.

Rio berharap kendati digelar di jalan raya, perlu perhitungan matang utamanya soal keselamatan dan keamanan. "Semoga saja bisa lancar untuk race di street, safety harus benar-benar di-consider (dipertimbangkan)," ungkap Rio.

Simak Video "Anies: Tim Formula E Puji Kualitas Jalan di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com