Jumat, 25 Okt 2019 17:24 WIB

Yaris JDM Dibawa Toyota ke Indonesia?

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Toyota Yaris model Jepang Foto: Dadan Kuswaraharja
Tokyo - Toyota menampilkan Yaris model baru untuk pasar Jepang (Japanese Domestic Market) bulan Oktober ini. Apakah ada kemungkinan Yaris dengan model ala Jepang ini masuk Indonesia?

Penasaran soal ini, detikcom menanyai Wakil Presiden PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto di Tokyo, Jepang. Sepertinya untuk Yaris, TAM akan memilih model yang berbeda dengan Jepang.



"Yaris beda kan antara Jepang dan Indonesia. Saya nggak bilang nggak mungkin, belum ada rencana lah, itu (Yaris) kan (model) di sini," ujarnya.

Selama ini, model Yaris untuk Indonesia dan Jepang memang selalu berbeda sejak sekitar tahun 2010. Toyota membeda-bedakan model Yaris tergantung minat masing-masing negara. Yaris di Jepang sama modelnya untuk Eropa, sementara Yaris untuk Indonesia disebut Toyota sebagai Yaris Asia, model yang sama untuk Thailand dan beberapa negara di Asia.



Sementara untuk pasar Amerika, Toyota memilih mobil Mazda2 untuk diganti namanya ke Yaris.

"Yaris untuk Jepang bentuknya memang berbeda, kabinnya lebih kecil, karena disesuaikan dengan minat konsumen Jepang," ujar Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor Anton Jimmi Suwandy.

Untuk pasar Jepang, Toyota menawarkan pilihan mesin 1.000 cc 3 silinder dan 1.500 cc. Semua tipe Yaris hadir dengan penggerak roda depan. Yang menarik penggerak mobilnya bisa dibuat 4WD untuk traksi yang lebih sempurna untuk mobil dengan mesin 1.500 cc direct-shift CVT. Untuk sistem hybrid juga tersedia penggerak E-Four atau electric four wheel drive.

Simak Video "Begini Penampakan All-New Toyota Yaris 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com