Kamis, 24 Okt 2019 12:54 WIB

Laporan dari Tokyo

Canggih! Sopir Bus Ini Bisa Lepas Tangan saat Tiba di Terminal

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Pengendara lepas tangan saat bus mendekati peron (Foto: Dadan Kuswaraharja)
Tokyo - Teknologi sel bahan bakar dengan gas hidrogen tak hanya diterapkan Toyota pada mobil masa depan seperti Mirai, tapi juga untuk kendaraan lain yang lebih berat seperti truk dan bus.

Untuk mendemonstrasikan kehandalan bus berbahan bakar hidrogen, Toyota mengajak wartawan dari seluruh dunia ke kawasan Odaiba, Tokyo. Di sana Toyota memiliki beberapa unit bus berbahan bakar hidrogen Sora yang bisa diuji coba. Sora sudah dirilis di Jepang sejak tahun lalu dan total sudah ada sekitar 100 unit yang terjual. Bus ini akan digunakan juga sebagai transportasi menjelang Olimpiade 2020 di kawasan metropolitan Tokyo.



Uji coba pertama yang paling bikin degdegan adalah, uji coba fitur Platform Arrival Control System. Sistem yang membantu bus menepi di peron terminal atau platform dengan aman. Saking canggihnya fitur ini, pengendara bus bisa lepas tangan saat bus mendekati platform!

Canggih! Sopir Bus Ini Bisa Lepas Tangan saat Tiba di TerminalFoto: Toyota




Fitur ini menggunakan beberapa komponen seperti arrival camera, steering actuator, arrival ECU dan electronic control brakes. Agar bisa menggunakan fitur ini bus harus mendeteksi marka jalan yang menuju platform atau peron.

Begitu kamera mendeteksi keberadaan marka jalan, maka secara otomatis bus akan mengerem dan mengarahkan sendiri ke arah peron. Jarak yang dibutuhkan untuk berhenti pun tidak terlalu jauh dengan kecepatan yang tidak terlalu tinggi.

Setelah berhenti di peron jarak antara lantai perhentian bus dan pintu bus ini tidak terlalu tinggi dan jauh, hanya 45 mm plus minus 15 mm, jadi cukup rata dan bisa membantu orang yang memakai kursi roda dengan mudah. Bus juga menggunakan suspensi udara sehingga lantai bus sebelah kiri bisa lebih ceper untuk mempermudah orang keluar masuk.

Canggih! Sopir Bus Ini Bisa Lepas Tangan saat Tiba di TerminalFoto: Toyota


Uji kedua bus adalah uji saat berjalan. Tidak seperti bus berbahan bakar diesel yang berisik, bus ini sangat nyaman, tidak bersuara. Yang berisik hanyalah para penumpang yang ngobrol. Suara ban pun sangat minim, dan saat ngerem atau melaju pun bus sangat mulus. Sudah lupa rasanya naik bus konvensional.

Canggih! Sopir Bus Ini Bisa Lepas Tangan saat Tiba di TerminalFoto: Toyota


Bus Sora menggunakan tenaga hidrogen yang disimpan di bagian atas bus. Bus memiliki baterai nickel metal hydride dengan sistem sel bahan bakar atau Toyota Fuel Cell System yang sama dengan mobil Mirai. Sora sendiri merupakan akronim dari Sky (langit), Ocean (lautan), River (sungai) dan Air (udara) yang menggambarkan siklus air di planet bumi. Karena bus ini menggunakan tenaga hidrogen maka emisi yang dihasilkan hanya air saja tidak ada emisi karbon dioksida.



Simak Video "Sisi Futuristik e-Racer, Mobil Balap Berteknologi Otonom "
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com