Laporan dari Jepang

Mobil Robot Toyota Pemandu Atlet Olimpiade 2020

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Rabu, 23 Okt 2019 18:13 WIB
Toyota LQ Foto: Toyota
Tokyo -

Raksasa Jepang, Toyota sudah memperlihatkan mobil Toyota LQ. Mobil yang mirip robot ini akan menemani para atlet Olimpiade di Tokyo pada tahun 2020 mendatang.

"Mobil akan dipakai sebagai pendukung operasional pada Olimpiade sebagai kendaraan konvoi untuk pawai obor Olimpiade dan kendaraan utama untuk lomba lari maraton," ujar Daisuke Ido dari ZEV B&D Lab Toyota Motor Corporation kepada wartawan di Hotel Hilton, Odaiba, Tokyo, seperti dilaporkan wartawan detikcom Dadan Kuswaraharja dari Tokyo, Jepang, Selasa (22/10/2019).



Mobil memiliki kecerdasan buatan (AI) yang canggih dengan agen yang disebut Toyota sebagai Yui. Yui dapat berkomunikasi dengan pengemudi via komunikasi suara yang interaktif, mengubah desain bangku untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi stres, mengatur pencahayaan kabin sesuai mood penumpang, bahkan menyajikan AC dan pengharum ruang ala aroma terapi yang memberi nuansa rileks dan tenang sebagai bagian dari Human Machine Interactions (HMI) untuk memberikan layanan personal.

Toyota LQToyota LQ Foto: Toyota



Mobil ini sebenarnya bukan barang baru, tetapi pernah diperkenalkan Toyota di pameran Consumer Electronic Show di Amerika pada tahun 2017 waktu namanya masih Toyota Concept-i dan juga sempat mampir ke Indonesia. Namun karena sudah mendekati masa produksinya, mobil dibuat Toyota lebih down to earth atau membumi.

Tidak ada lagi pintu gullwing di Concept-i, yang ada hanya pintu yang terbuka secara biasa seperti mobil pada umumnya. Namun roda belakangnya masih futuristik, begitu juga bagian dalamnya.



"LQ adalah transformasi dari Concept-i, LQ sudah bisa dikendarai di jalanan, nanti di Olimpiade kami akan mendemonstrasikan kebolehannya," ujarnya.

Mobil memiliki kapasitas 4 penumpang dengan bobot 1.680 kg. Dari sisi dimensi mobil punya panjang 4.530 mm, lebar 1.840 mm, tinggi 1.480 mm, dan wheelbase 2.700 mm. Dengan tenaga listriknya mobil sanggup untuk menjelajah sampai 300 km.

Toyota LQToyota LQ Foto: Toyota



Kabin nyaman dengan desain minimalis menyembunyikan kisi AC dari pandangan. Dasbor dan konsol tengah dibuat dengan teknologi 3D printing untuk mengurangi struktur, memberi kesan lega, dan mempunyai ergonomika tinggi. Termasuk beberapa panel frameless yang memberi kesan menyatu dan homey.



Toyota LQ sudah mencapai level 4 autonomous vehicle yang berarti ia sudah bisa berjalan sendiri secara otomatis di ekosistem yang mendukung. Lq juga bisa mencari sendiri spot parkir khusus untuknya di area publik sehingga memudahkan pengguna dengan keterbatasan seperti kaum disabilitas, lanjut usia (lansia), dan wanita hamil.

Huruf L berasal dari kata Love atau Beloved Car dan Q diambil dari kata Cue (dibaca qiu). Toyota LQ adalah sebuah mobil yang menjadi pemicu kendaraan modern yang bisa mencintai pemiliknya.



Simak Video "Hybrid Lebih Efektif, Blue Bird Mulai Pakai Jasa Toyota Prius PHEV"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/lth)