Rabu, 23 Okt 2019 10:05 WIB

Laporan dari Tokyo

Mobil Listrik Perdana Lexus, Bisa Dikendarai Tanpa Sopir

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Dadan Kuswaraharja Foto: Dadan Kuswaraharja
Tokyo - Produsen mobil mewah Jepang di bawah naungan Toyota, Lexus, tak ketinggalan terjun ke dunia mobil listrik. Lexus menampilkan untuk pertama kalinya mobil listrik yang mereka sebut Lexus LF-30. LF sendiri merupakan singkatan dari Lexus Future atau mobil masa depan Lexus.

Mobil listrik yang masih berupa mobil konsep itu memiliki tampilan futuristik dengan pintu yang terbuka ke atas (gullwing) seperti burung camar.


Pengendaranya kalau duduk di kursi mobil bakal terasa seperti mengendarai pesawat jet, dengan setir ala yoke di kemudi pesawat terbang.

Mobil dilengkapi dengan teknologi otonom, jadi kalau pengendara mau nyetir, cukup pakai gesture lewat tangan, maka setir yang posisi tadinya di dasbor akan lebih mendekat ke arah pengemudi.

Foto: Dadan Kuswaraharja


Sementara penumpangnya bisa mengontrol beberapa fitur dengan hanya menyentuh atap kabinnya saja.

"Ini mobil pertama yang menujukkan passion kami pada elektrifikasi," ujar Project General Manager Lexus International Takeshi Watanabe kepada wartawan termasuk wartawan detikcom Dadan Kuswaraharja di Tokyo, Jepang.

Mobil juga memiliki fitur Lexus Advance Posture Control yang terinspirasi dari Cheetah yang tengah mengejar mangsa. Dengan fitur ini Lexus mengklaim mobil memberikan posisi berkendara yang ideal untuk pengendara.

Untuk spesifikasi teknis belum dibocorkan Lexus, namun mobil memiliki 4 motor listrik yang ditempatkan di empat roda.


Baterainya menggunakan baterai model baru berjenis solid state yang memiliki elektroda padat, berbeda dengan baterai mobil listrik yang selama ini sudah beredar di pasaran seperti baterai ion lithium. Baterai solid state disebut lebih baik ketimbang baterai ion lithium.

Mobil-mobil listrik Lexus akan mulai beredar di jalanan pada tahun depan, sementara itu mobil elektrifikasi lainnya dari Lexus seperti hybrid dan plug in hybrid porsinya juga akan lebih banyak pada 2020.

Simak Video "Sisi Futuristik e-Racer, Mobil Balap Berteknologi Otonom "
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com