Kamis, 25 Jul 2019 20:39 WIB

Toyota Tegaskan Supra tak Sama dengan BMW Z4

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Fenomena mobil kembar tidak hanya berlaku di segmen bawah industri otomotif. Bahkan segmen yang kecil pun juga terjadi antara Toyota Supra GR dan BMW Z4.

Sebagian besar rancangan utama kedua mobil ini lahir dari diskusi antara BMW Dan Toyota. Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy pun memaparkan bagaimana masing-masing mobil tidaklah identik.



"Engineering Toyota dan BMW sudah tidak bicara satu sama lain lagi begitu memutuskan komponen utama, sisanya kerja masing-masing dan mereka ketemu lagi saat akan produksi," ungkap Anton saat ditemui di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, ICE BSD, Tangerang.

Toyota SupraToyota Supra Foto: Rifkianto Nugroho


Anton mengakui bahwa BMW memiliki andil besar dalam pengembangan mesin. Sementara itu kontribusi terbesar Toyota ada pada bagian desain.

"Engine memang lebih banyak BMW ya tapi body rigidity, design dan beberapa detail interior itu Toyota berkontribusi di sana," jelas Anton.



Kolaborasi mobil sport ini juga tidak semata sebagai pemangkas biaya pengembangan produksi. Lebih lanjut, kolaborasi ini lahir karena memang ada kecocokkan dan dapat mempersingkat waktu kelahiran kedua mobil.

"Tidak hanya membantu dari sisi biaya tapi bisa juga waktu, bisa melakukan sharing teknologi dan di seluruh dunia ngga mudah mencari kombinasi mesin transmisi produk seperti ini tanpa adanya kolaborasi," tambahnya.

Toyota SupraToyota Supra Foto: Rifkianto Nugroho


Dengan hasil jadi seperti ini pun Toyota yakin tidak adanya perebutan konsumen. Kedua mobil ini diyakini memiliki pasarnya masing-masing untuk Indonesia.

"BMW Z4 dan Toyota Supra karakternya beda sekali dan targetnya juga beda," pungkas Anton.

Simak Video " Keren! Kursi Mobil Ini Fleksibel Banget"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com