Kamis, 25 Jul 2019 16:59 WIB

Fitur Canggih Honda CBR 1000 SP ini Hadir di Honda Monkey

Rizki Pratama - detikOto
Honda Monkey Foto: Rifkianto Nugroho Honda Monkey Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Honda Monkey 125 mengusung sebuah teknologi canggih yang belum banyak diterapkan oleh PT Astra Honda Motor di Indonesia. Fitur tersebut adalah Inertial Measurement Unit yang umumnya ada pada superbike seperti Honda CBR 1000 RR SP.

Teknologi berintegrasi dengan ABS single channel di depan yang mencegah ban belakang Honda Monkey terangkat saat pengereman mendadak. Dengan kata lain sayangnya motor ini akan sulit diajak stopie.



"IMU mendeteksi dua aksis z dan y yaitu saat jalan ke depan atau mundur dan naik atau turun, tujuannya saat laju kencang kemudian rem mendadak ada kemungkinan roda belakang naik, IMU berfubgsi supaya ban belakang turun lagi," papar Technical Service Divison PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno.

Fitur ini bertujuan untuk kenyamanan pengendara. Meskipun bertenaga kecil potensi ban belakang naik itu dapat terjadi karena dimensinya yang pendek dari motor mungil tersebut.

Honda MonkeyHonda Monkey Foto: Rifkianto Nugroho


"Perlu IMU karen motor pendek, begitu ngerem gampang naik ban belakangnya. Untuk kenyaman pengendara ketika naik bisa buru-buru ban belakang diturunin, jadi ini kombinasi yang nyaman dengan ABS," lanjut Endro.

Honda MonkeyHonda Monkey Foto: Rifkianto Nugroho




Bedanya dengan IMU pada CBR 1000 RR SP adalah jumlah aksis yang dideteksi oleh superbike itu lebih banyak. CBR 1000 RR SP memiliki sensor IMU untuk mendeteksi lima titik sedangkan Honda Monkey 125 hanya dua seperti yang disebutkan Endro di atas.

Simak Video "Bantu Kurangi Polusi, Grab Luncurkan Kendaraan Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com