BMW i3s Tidak Bisa Diproduksi di Indonesia

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 24 Jul 2019 19:22 WIB
Interior BMW i3s Foto: Ari Saputra
Tangerang - BMW Group Indonesia kembali mendaratkan mobil bersetrum listrik ke Tanah Air. Setelah sebelumnya Plug in Hybrid melalui produk i8 roadster, dalam ajang GIIAS 2019, BMW menghadirkan teknologi murni listrik atau Battery Electric Vehicles (BEV), yakni BMW i3s.

Saat ini mobil listrik BMW i hanya bisa diproduksi massal di Jerman, Director Comunications BMW Group Indonesia, Jodie O'Tania mengatakan tidak ada pabrik lain yang memproduksinya.

BMW i3sBMW i3s Foto: Ari Saputra


"BMW i itu hanya bisa diproduksi di Leipzig di Jerman karena untuk proses produksi dari kendaraan BMW i3 itu dimulai dengan semua renewable energy jadi menggunakan tenaga angin dan kemudian semua teknologi yang digunakan itu bisa didaur ulang sampai dengan 90 persen," ujar Jodie di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE BSD, Tangerang.



Mobil yang diimpor utuh ini dibanderol miliaran, tentu sasarannya adalah konglomerat di Republik Indonesia. Namun Jodie mengatakan keuntungan membeli kendaraan listrik adalah sudah pasti lebih hemat biaya pengeluaran.

Bukan tanpa sebab, mobil yang dirakit di pabrik Leipzig, Jerman ini diklaim mampu menempuh perjalanan sejauh 280 km untuk sekali pengisian.

"Yang perlu ditekankan lagi BMW selalu berdasarkan fungsinya jadi kita harus lihat ini adalah kendaraan full electric dan bisa dibilang dari nilai ekonomis dibandingkan dengan bahan bakar konvensional itu jauh lebih hemat untuk penggunaannya," jelasnya.

Simak Video "Intip Kemewahan 2 Varian Terbaru BMW Seri 5"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)