Rabu, 24 Jul 2019 16:40 WIB

Suzuki Jimny di Singapura Punya 6 Airbag, di RI Cuma 2

Dina Rayanti - detikOto
Suzuki Jimny. Foto: Ari Saputra Suzuki Jimny. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Spesifikasi dan juga fitur mobil memang disesuaikan dengan kondisi negara dimana kendaraan tersebut dijual. Tak heran kalau di suatu negara mobil memiliki fitur yang lebih banyak dibandingkan negara satunya. Pertimbangannya, suatu negara belum tentu membutuhkan fitur yang tersedia di negara lain. Padahal mobil didatangkan dari negara yang sama.

Mengambil contoh Suzuki Jimny yang diluncurkan di Indonesia dan Singapura.


Ada beberapa fitur yang berbeda misalnya airbag. Suzuki Jimny di Singapura sama halnya dengan di Jepang dan negara lain dibekali enam airbag. Keenam airbag tersebut terletak di bagian depan pengemudi dan penumpang, juga di bagian samping agar penumpang di kursi belakang lebih aman.

Masuk ke Indonesia, Jimny hanya memiliki dua airbag. Dual SRS airbag Jimny yang dijual di Indonesia terpasang pada bagian pengemudi dan penumpang.

Suzuki JimnySuzuki Jimny Foto: Ari Saputra


Airbag memang tidak menjamin pengendara dan penumpang di dalam mobil dapat selamat saat terjadi kecelakaan. Tapi setidaknya airbag bisa meminimalisir risiko cidera serius ketika mengalami tabrakan. Enam airbag yang terpasang pada Jimny di Jepang juga Singapura dan sederet negara lain nyatanya tak cukup untuk melindungi penumpang di dalamnya.



Dalam sebuah crash test yang dilakukan lembaga pemeringkat Euro NCAP pada tahun 2018, Jimny hanya mendapatkan tiga bintang. Selama pengujian frontal offset, kompartemen penumpang Jimny sangat terdistorsi terutama yang ada di sekitar pintu. Sementara itu, perlindungan dada pengemudi juga dinilai buruk (berdasarkan dummy) walau lutut ke bawah dinilai baik.

Dalam uji tabrak yang lebih keras, benturan yang diterima oleh para penumpang belakang diindikasi sangat keras khususnya di bagian kepala. Sementara perlindungan untuk dada pengemudi dan penumpang belakang adalah marjinal (rata-rata cenderung rendah).


Untuk sistem pengereman darurat otomatis (autonomous emergency braking system atau AEB) menunjukkan kinerja yang lemah dalam tes penghindaran pejalan kaki di siang hari. Bahkan dalam cahaya yang redup dan ada benda yang bergerak cepat seperti pengendara sepeda, sistem tidak beroperasi. Bagian terburuk dari semua ini adalah tekanan yang tidak cukup dalam airbag pengemudi.

Airbag bukan satu-satunya fitur yang diandalkan Jimny. Ada juga fitur lain yang tersemat di dalam SUV offroad legendaris itu. Untuk Jimny yang dijual di Indonesia, fitur Jimny selain airbag ada Brake LSD Traction Control, ESP, Isofix, ABS, Hill Descent Control, dan Hill Hold Control.

Simak Video " Keren! Kursi Mobil Ini Fleksibel Banget"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com