Rabu, 24 Jul 2019 11:35 WIB

GIIAS 2019: Bedah Fitur dan Teknologi 'Xenia Masa Depan'

Luthfi Anshori - detikOto
Daijhatsu Hy-Fun. Foto: Rifkianto Nugroho
Tangerang - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menampilkan satu mobil MPV konsep di arena Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019. Mobil konsep ini berjenis MPV kapasitas enam orang dan diberi nama Daihatsu Hy-Fun.

"Daihatsu menampilkan Hy-Fun sebagai world premiere concept car berbasis DNGA, dengan beragam fitur canggih yang full connected dan terintegrasi di dalamnya," ujar Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra.


Dijelaskan Desain Engineering Executive Coordinator PT ADM, Sony Satria, mobil konsep Daihatsu Hy-Fun adalah kelanjutan teknologi hybrid Daihatsu yang dipamerkan pada ajang GIIAS 2018 lalu.

"Di mana waktu itu menjelaskan sistem hybrid Daihatsu. Sekarang, Daihatsu coba mengembangkan lagi menjadi model vehicle," kata Sony di arena GIIAS 2019, ICE, BSD, Tangerang (23/7/2019).

Foto: Rifkianto Nugroho


Lalu dari segi fitur dan teknologi, apa saja yang ditawarkan mobil konsep ini?

"Secara eksterior ada beberapa fitur yang menggambarkan personal milenial zaman sekarang. Lampu headlamp lebih sipit, serta tambahan aksen LED di front grille-nya," kata Sony.

Dari tampilan luar Daihatsu Hy-Fun concept punya desain aerodinamis dan sporty. Dibalut warna silver metalik, Hy-Fun memiliki desain grille yang bisa menyala berwarna biru. Mobil ini juga sudah memakai pelek ukuran 20 inci.



Masih bicara sisi eksterior, Hy-Fun dibekali sejumlah fitur dan teknologi masa depan. Mobil konsep ini sudah memakai teknologi side door closing motion, juga fitur face recognition mirip seperti di smartphone.

"Jadi walaupun tanpa handle, pintu bisa dibuka melalui sensor pada mobil yang akan membaca gestur tertentu pada tubuh tanpa harus menyentuh mobil ini. Face recognition berguna untuk membuka serta mengunci mobil ini supaya lebih aman," lanjut Sony.

Foto: Rifkianto Nugroho


Bergeser ke bagian dalam tidak kalah mencoloknya, sebab interior kabin banyak disematkan tracking lamp. Karena akan banyak fitur yang dimanfaatkan sehingga bisa mendeteksi fitur di dalam kabin.


Yang menarik lagi, bagian depan kursi Hy-Fun bisa diputar sampai menghadap ke belakang, sehingga penumpang baris kedua dan pertama bisa saling berinteraksi. Dengan konfigurasi semacam ini, juga memudahkan penumpang keluar-masuk mobil.

Hy-Fun sudah mengusung teknologi full connected, dan memungkinkan penggunanya untuk menyalakan atau mematikan mesin, AC, dan membuka jendela melalui device smartphone atau gadget. Penggunanya juga dikatakan bisa memonitor lokasi mobil ini melalui device, serta terkoneksi dengan seluruh jaringan diler Daihatsu.

Pintu model suicide doors, gampang keluar masuk Foto: Rifkianto Nugroho


"Fitur lain yang ada di konsep mobil ini adalah Smart Assist, sebagai pencegah benturan, pengurang risiko salah injak pedal, memberi peringatan ketika mobil depan bergerak, peringatan saat berpindah jalur, dan lampu jauh adaptif," kata Sony lagi.


Soal fitur entertainment, Daihatsu Hy-Fun bisa terintegrasi dengan device para pengguna, sehingga bisa untuk mendengar lagu, bermain games dengan dukungan VR (Virtual Reality), dan fitur voice command.

"Mobil konsep ini dibuat di Jepang, tapi masukannya dari pihak Indonesia. Kami ingin membuat mobil impian kaum milenial. Jadi modelnya tetap MPV, namun bukan hanya mobil keluarga biasa, mobil ini juga bisa jadi sarana hiburan untuk para konsumen milenial yang biasanya terkoneksi dengan device dan teknologi," terang Amel.

Simak Video Daihatsu Hy-Fun Mobil Canggih Daihatsu untuk Masa Depan

[Gambas:Video 20detik]

(lua/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com