Selasa, 23 Jul 2019 16:15 WIB

Pemilik Xpander Tak Bisa Sembarangan Modif ala Mobil Reli Rifat

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Rangga Rahadiansyah Foto: Rangga Rahadiansyah
Tangerang - Mitsubishi Xpander akan dijadikan tunggangan pereli nasional, Rifat Sungkar, di ajang AP4. Mobil itu mendapat beragam paket modifikasi, yang paling berubah adalah eksterior di mana Xpander ini menggunakan paket aerodinamika untuk turun balap.

Tampang Xpander yang turun balap reli AP4 ini memang terlihat keren. Apalagi dari belakang mobil ini mendapatkan spoiler atau wing yang cukup besar untuk mendukung aerodinamika.



Namun, Rifat menegaskan bahwa paket ganteng Xpander ini hanya untuk balap reli. Dia tidak menyarankan untuk penggunaan harian.

Pemilik Xpander Tak Bisa Sembarangan Modif ala Mobil Reli RifatFoto: Rangga Rahadiansyah


"Ketika bikin sketch awal itu modelnya keren banget begitu jadi. Tapi dari kemarin banyak yang nanya, mau bodykit seperti itu. Saya mau kasih tahu dari sekarang bahwa modifikasi itu cuma kompetisi aja," kata Rifat di arena GIIAS 2019.

Dia menegaskan, bodykit Xpander tersebut bukan cuma pajangan. Lebih dari itu, bodykit tersebut punya fungsi masing-masing.



"Wing belakang yang ada di mobil itu kita pakai wing yang pakai besar. Itu wing kalau kita lari 100 km/jam kira-kira tekanan ke bawah bisa 300 kg. Jadi bisa bayangin pakai wing segitu gede, nikung di tol lengket banget dengan aspal, itu akan bahaya," jelas Rifat.

Pemilik Xpander Tak Bisa Sembarangan Modif ala Mobil Reli RifatFoto: Rangga Rahadiansyah


"Jadi semua itu ada fungsinya, diffuser di depan itu untuk fast cornering. Kalau reli pelan wing belakang saya ganti dengan yang kecil. Karrna nggak ada keuntungan pakai wing gede karena bisa menghambat kecepatan," tambahnya.


Pemilik Xpander Tak Bisa Sembarangan Modif ala Mobil Reli Rifat


Simak Video "Ini Dia Toyota Supra Rp 2 M yang Bikin Kaesang Kepincut"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com