Selasa, 23 Jul 2019 12:15 WIB

Xpander Versi Reli Bakal Dijadikan Produksi Massal?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Rangga Rahadiansyah Foto: Rangga Rahadiansyah
Tangerang - Mitsubishi menampilkan Xpander versi balap reli di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Xpander yang lebih garang itu akan digas oleh pereli nasional Rifat Sungkar di ajang AP4.

Modifikasi Xpander versi reli AP4 ini cukup garang. Mobil mendapatkan perangkat aerodinamika dan berbagai macam penyempurnaan untuk digunakan di ajang balap reli.



Deputy Group Head of Coordination and Development Office PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Intan Vidiasari mengatakan, dengan hadirnya Xpander versi AP4 ini pihaknya ingin membuktikan bahwa Xpander tak cuma bisa menjadi mobil harian, tapi bisa lebih luas lagi.

Intan memberikan isyarat bahwa Xpander yang digunakan Rifat Sungkar di ajang reli AP4 bisa menjadi masukan untuk pabrikan dalam menyempurnakan produk andalannya tersebut.

Xpander Versi Reli Bakal Dijadikan Produksi Massal?Foto: Rangga Rahadiansyah


"Nanti kan timnya Xpander Rally Team akan melakukan reli dengan mobil ini, tentunya hasil dari reli itu akan kita jadikan laboratorium alam, untuk bisa langsung dilaporkan kepada kantor pusat kami supaya nanti ada pengembangan lebih lanjut dari Xpander, agar semakin lebih nyata diterima masyarakat Indonesia dengan medan yang mungkin nanti mirip dengan medan yang nanti akan dijalankan timnya Rifat di reli," kata Intan di GIIAS 2019.



Rifat akan menggunakan Xpander ini untuk ikut balapan reli NZRC Goldrush Rally of Coromandel di Selandia Baru pada 16-17 Agustus 2019 mendatang. Selain itu,, Xpander tersebut juga akan 'disiksa' di kejuaraan nasional sprint reli di lima putaran di Indonesia.

Bicara soal Xpander versi reli ini, Intan mengisyaratkan bahwa pihaknya akan memberi sentuhan baru untuk Xpander. Bisa jadi, Xpander akan mendapat sentuhan ala reli seperti tunggangan Rifat ini. Namun, Intan tak mau membocorkan lebih lanjut.

Xpander Versi Reli Bakal Dijadikan Produksi Massal?Foto: Rangga Rahadiansyah


"Tahun ini mungkin ada surprise dari Xpander yang awal mulanya mungkin dari sini (ajang reli yang diikuti Rifat dengan Xpander). Ditunggu aja tanggal mainnya. Ini ada bridging, artinya ada sesuatu untuk Xpander yang akan ditampilkan ke masyarakat di tahun ini," kata Intan.

Sementara itu, Xpander untuk reli yang dipakai Rifat ini tetap mempertahankan 80 persen bodi asli Xpander. Sisanya, ada penyempurnaan di bagian kaki-kaki dan mesinnya.

Mobil ini menggendong mesin Mitsubishi 4B11 destroked and sleeved berkapasitas 1.600 cc. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 350 daya kuda. Sementara torsi maksimalnya tembus 410 ft/lbs (555 Nm). Untuk mendukung performa di ajang reli, kaki-kaki disempurnakan dengan suspensi advance serta travel suspensi dua kali lipat lebih panjang. Mobil ini juga mengusung aerodinamika untuk mendukung laju mobil saat membelah angin.

Simak Video " Keren! Kursi Mobil Ini Fleksibel Banget"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com