Senin, 22 Jul 2019 14:48 WIB

Melihat Spesifikasi Xpander Rifat Sungkar untuk Reli

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mitsubishi Xpander Rally. Foto: Rangga Rahadiansyah Mitsubishi Xpander Rally. Foto: Rangga Rahadiansyah
Tangerang - Pereli nasional Rifat Sungkar akan ikut turun balap di ajang AP4. Rifat turun ke ajang reli Asia Pasifik itu menunggangi Mitsubishi Xpander.

Menurut Rifat, Xpander yang ditungganginya ini mendapat beberapa penyempurnaan untuk digunakan di ajang reli AP4. Namun, sesuai regulasi, kata Rifat, Xpander tunggangannya itu tetap mempertahankan 80% bodi asli.



"Jadi 80 persen dari struktur bodi harus ada di situ, lantai mobil standar, pilar-pilar nggak boleh diapa-apain. Untungnya bodinya cukup enteng," kata Rifat.

Melihat Spesifikasi Xpander Rifat Sungkar untuk ReliFoto: Rangga Rahadiansyah


Apa saja 20 persen yang diubah di Xpander versi balap reli ini? Menurut Rifat, yang diubah sedikit yaitu suspensi dan kaki-kaki.

"Untuk mesin, trennya sudah bergeser dari yang sebelumnya menggunakan mobil keluaran pabrik 2.000 cc turbo 4WD, saat ini menjadi mesin baru 1.600 cc dengan teknologi yang lebih canggih," ujar Rifat.



"Sesuai regulasinya mobil ini harus menggunakan mesin yang sesuai dengan merek mobilnya (yaitu Mitsubishi). Mobil ini kan 1.500 cc, diubah ke 1.600 cc nggak jauh," sebutnya.

Melihat Spesifikasi Xpander Rifat Sungkar untuk ReliFoto: Rangga Rahadiansyah


Adapun mesin yang digunakan adalah Mitsubishi 4B11 destroked and sleeved berkapasitas 1.600 cc. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 350 daya kuda. Sementara torsi maksimalnya tembus 410 ft/lbs (555 Nm).

Menurut Rifat, Xpander yang digunakan untuk reli ini dibekali suspensi advance serta travel suspensi dua kali lipat lebih panjang. Mobil ini juga mengusung aerodinamika untuk mendukung laju mobil saat membelah angin.

Melihat Spesifikasi Xpander Rifat Sungkar untuk Reli


Simak Video "Xpedisi Xpander 2000 Km Jawa, Uji Performa Xpander di Jalur Mudik"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed