Minggu, 21 Jul 2019 16:09 WIB

Xpander buat Balap Reli, Begini Wujudnya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mitsubishi Xpander buat Balap Reli Dipakai Rifat Sungkar. Foto: Rangga Rahadiansyah Mitsubishi Xpander buat Balap Reli Dipakai Rifat Sungkar. Foto: Rangga Rahadiansyah
Tangerang - Pereli nasional Rifat Sungkar akan turun balap reli internasional di ajang AP4. Uniknya, Rifat menggunakan mobil andalan Mitsubishi, yakni sebuah MPV Mitsubishi Xpander untuk dijadikan tunggangannya di ajang reli AP4.

Xpander buat Balap Reli, Begini WujudnyaFoto: Rangga Rahadiansyah


Menurut Rifat, AP4 memiliki regulasi di mana pebalapnya menggunakan mobil dari pabrikan yang 80 persen bagiannya tetap dipertahankan. Namun, Rifat yang akan berlaga bersama Xpander Rally Team ini mengatakan pihaknya mendapat kelonggaran untuk mengoprek kaki-kaki dan mesin penggerek.



"Asal muasal ceritanya jadi saya kan pakai Xpander setiap hari, untuk antar anak sekolah. Saya lihat potensinya, ini mobil setiap saya nyetir kok enak, saya kepikiran apa yang bisa dieksplor dari Xpander," kata Rifat di GIIAS 2019 di ICE, BSD, Tangerang, Minggu (21/7/2019).

Xpander buat Balap Reli, Begini WujudnyaFoto: Rangga Rahadiansyah


"Ketika mengendarai Xpander saya punya feeling dari awal ini mobil ada hubungannya dengan mobil yang biasa saya pakai yaitu Evo. Di tahun 2017 ngobrol dengan engineer Jepang dan memang benar banyak geometri yang mirip dengan Evo," sebut Rifat saat acara konferensi pers.

Mobil ini sebelumnya sempat dipamerkan dalam bentuk konsep di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) beberapa bulan lalu. Dan hasil yang siap digunakan, meski ada beberapa penyempurnaan lagi, sedang ditampilkan di GIIAS 2019.



"Kendaraannya sudah siap 90 persen, tapi nanti akan di-tuning lagi. Tapi kita confident mobil ini dilahirkan dengan aura kompetisi," ujar Rifat.

"Ini mobil punya potensi. Jadi kalau sehari-hari pakai Xpander, saya buktiin Xpander nggak cuma untuk antar anak sekolah, tapi kita bisa berprestasi untuk Indonesia pakai Xpander. Goal-nya adalah mobil ini punya potensi lebih dibanding sekadar kendaraan keluarga," katanya.

Xpander buat Balap Reli, Begini WujudnyaFoto: Rangga Rahadiansyah


Rifat melihat sasis yang digunakan Xpander mengadopsi konstruksi dari Mitsubishi Lancer Evo X yang menjamin handling mobil ini lebih baik. Untuk mesin, mobil Xpander ini telah dimodifikasi menggunakan mesin Mitsubishi 4B11 berkapasitas 1.600 cc.



"Untuk mesin, sesuai regulasinya mobil ini harus menggunakan mesin yang sesuai dengan merek mobilnya (yaitu Mitsubishi). Mobil ini kan 1.500 cc, diubah ke 1.600 cc nggak jauh," kata Rifat.

Agenda terdekat, Xpander Rally Team akan balapan di Selandia Baru pada 16-17 Agustus 2019 mendatang. Selanjutnya, Xpander Rally Team akan mengikuti 5 seri ajang kejuaraan nasional Sprint Rally mulai September 2019.

Simak Video "Honda Monkey, Si Mungil yang Dibanderol Rp 65 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed