Sabtu, 20 Jul 2019 12:12 WIB

Mobil Sekelas Wuling Almaz Dikasih Voice Command, Perlukah?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Wuling Almaz Foto: Rifkianto Nugroho Wuling Almaz Foto: Rifkianto Nugroho
Tangerang - Wuling resmi meluncurkan Almaz 7-seater dan 5-seater dengan penambahan fitur baru. SUV andalan Wuling di Indonesia itu kedapatan fitur voice command berbahasa Indonesia. Namanya Wuling Indonesian Command (WIND).

Wuling Almaz bisa dibeli dengan harga mulai Rp 263.800.000 sampai Rp 338.800.000. Artinya, dengan harga Rp 260 jutaan konsumen sudah bisa menikmati fitur voice command yang biasanya ada di mobil lebih mahal. Namun, apakah pemilik mobil sudah perlu menggunakan voice command?

"Ini kan sebenarnya sangat memudahkan konsumen juga, karena secara fungsi kontrol mobilnya untuk Almaz sendiri kan fiturnya udah banyak. Ketika dioperasikan pakai voice command itu sangat-sangat memudahkan. Itu kayak buka jendela, orang kalau mau masuk tol tinggal bilang, 'Halo Wuling, buka jendela,'" kata Dian Asmahani selaku Senior Brand Manager Wuling Motors di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE, BSD, Tangerang.

Ada tiga metode yang bisa dilakukan pengemudi Wuling Almaz untuk mengaktifkan fitur canggih. Pertama bisa dengan cara menekan tombol 'voice command' yang ada di bagian kanan atas setir mobil.

Wuling Almaz 7-seater dengan voice commandWuling Almaz 7-seater dengan voice command Foto: Luthfi Anshori


Cara kedua bisa dengan menekan tombol 'suara' di bagian bawah kiri dari layar sentuh. Dan cara ketiga, pengemudi bisa langsung mengucap kata kunci dengan kalimat 'Halo Wuling'. Teknologi ini menerima perintah suara dari lubang speaker yang terletak di bagian atas dekat tombol lampu kabin depan.

Fitur perintah suara ini tidak hanya bisa dilakukan oleh penumpang baris depan. Penumpang di baris kedua juga bisa menggunakan voice command ini.

Secara lebih rinci, voice command di Wuling Almaz 7-seater ini bisa menerima perintah untuk mengoperasikan berbagai fitur kendaraan, seperti pendingin udara, jendela, panoramic sun roof, dan untuk mengakses hiburan seperti musik, radio, melakukan panggilan telepon, menjalankan aplikasi Wuling Link dan TPMS, termasuk memperbesar atau mengecilkan volume, serta menanyakan tanggal dan waktu saat ini.

Kini, Wuling Almaz ditawarkan dengan empat pilihan. Keempatnya yaitu Almaz Smart Enjoy Manual Transmission, Almaz Smart Enjoy CVT, Almaz Exclusive 5-Seater, dan Almaz Exclusive 7-Seater.

Berikut harga resmi Almaz:

Almaz Smart Enjoy Manual Transmission: Rp 263.800.000
Almaz Smart Enjoy CVT: Rp 275.800.000
Almaz Exclusive 5-Seater: Rp 328.800.000
Almaz Exclusive 7-Seater: Rp 338.800.000.

Simak Video "Makin Canggih, Wuling Almaz Kini Punya Voice Command"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com