Sabtu, 20 Jul 2019 10:59 WIB

Round Up

Punya Duit Berapa pun, Mobil Ini Nggak Boleh Dibeli di GIIAS 2019

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Mobil konsep Lexus Foto: Rifkianto Nugroho Mobil konsep Lexus Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 menampilkan aneka mobil baru. Meski rata-rata mobil yang dipamerkan dijual, ada beberapa yang tidak boleh atau belum boleh Anda beli.

Ya karena status mobil ini masih mobil konsep, belum diproduksi sehingga tidak bisa dijual oleh pabrikan. Mungkin dalam beberapa tahun ke depan, detikers bisa membelinya.



1. Lexus

Lexus mempersembahkan special exhibit mobil konsep Lexus LF-1 Limitless Concept yang merupakan The Future Aspiration of Flagship Luxury Crossovers. Lexus LF-1 Limitless Concept didesain dengan inspirasi craftsmanship pembuatan pedang samurai, Molten Katana yang menghasilkan guratan yang dinamis dan mengusung harmonisasi diantara teknologi dan human touch. Ide futuristik ini akhirnya menciptakan desain yang sangat agresif dan emosional.

Mobil disebut sangat pintar, dan punya teknologi impian misalnya bisa nyetir sendiri, dan bakal menjadi inspirasi desain mobil Lexus ke depan.

Lexus LF-1Lexus LF-1 Foto: Rifkianto Nugroho


2. Daihatsu Hy-Fun

Daihatsu Hy-FunDaihatsu Hy-Fun Foto: Ari Saputra


PT Astra Daihatsu Motor (ADM) turut memboyong calon mobil yang nggak boleh dibeli ke gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD, Tangerang. Mobil konsep Hy-Fun ini tampil mentereng di ajang pameran mobil tersebut.

Pintunya suicide door guys!Pintunya suicide door guys! Foto: Rifkianto Nugroho


Mobil konsep ini didesain mengikuti tren dunia yang menuju ke konsep hybrid. Dengan memperkenalkannya ke publik, Daihatsu ingin mengetahui respons masyarakat terhadap mobil konsep rancangannya.

Mobil yang memiliki desain futuristik ini berstatus 'world premiere'. Mobil konsep berjenis MPV hybrid ini pertama kali dipamerkan ke masyarakat di GIIAS yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition.

Nah ini Xenia model masa depan nih.

3. Toyota F-CR


Kaesang duduk di kabin Toyota F-CR Kaesang duduk di kabin Toyota F-CR Foto: toyota

Mobil masa depan yang belum bisa dibeli berikutnya adalah Toyota Fine Comfort Ride (F-CR) yang merupakan kendaraan konsep untuk solusi mobilitas masa depan berteknologi tertinggi buatan Toyota.

Mobil ini sempat diduduki putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep. F-CR ini tidak menggunakan bahan bakar bensin lho, mobil menggunakan bahan bakar hidrogen yang jarang ada di pasaran. Mobil pun bisa melaju sendiri berkat teknologi otonom dan sekali tangki hidrogennya penuh mampu melahap jarak 700 KM dengan waktu pengisian bahan bakar antara 3-5 menit, super cepat dibanding ngecas mobil listrik!

Kendaraan pintar ini tak hanya dapat difungsikan sebagai alat transportasi, tetapi juga memiliki konsep kendaraan yang nyaman dengan interior yang lebih mirip ruang keluarga dimana salah satu fiturnya yaitu pengaturan kursi dapat diatur untuk memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk dapat berinteraksi. Ditambah dengan sambungan internet, menjadikan F-CR yang pertama kali diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2017 ini menjadi sebuah konsep yang menarik untuk direalisasikan di masa depan.

4. Nissan LEAF

Nah jika 3 mobil di atas, masih agak lama kalau mau dibeli dan mungkin susah, kalau mobil yang ini baru detikers beli tahun depan ya, mobil listrik Nissan LEAF. Jadi siap-siap dulu nabung kalau mau beli. Nssan LEAF bakal masuk ke Indonesia dimulai pada tahun 2020 bersamaan dengan Filipina. Hadirnya mobil listrik ini merupakan bagian penting dari tujuan menengah Nissan untuk meningkatkan elektrifikasi kendaraan (Nissan M.O.V.E 2022). Disebutkan juga bahwa komponen kendaraan listriknya itu akan dirakit lokal di pasar-pasar utama Asia Tenggara.

Nissan LEAF adalah mobil listrik terlaris di dunia. Review mobil yang asyik dikendarai di jalanan perkotaan ini bisa detikers baca di sini:

Nissan LEAFNissan LEAF Foto: Ari Saputra

Mobil memiliki panjang 4.480 mm dengan lebar 1.790 mm dan tinggi 1.540 mm. Baterainya berkapasitas 40 kWh yang sanggup untuk menjelajah jalanan sejauh 400 km. Mobil sangat bertenaga karena memiliki daya maksimum 110 kW (150 ps)/3.283-9.795 rpm dan torsi maksimum 320 Nm/0-3.283 rpm

Waktu pengisian baterai normal di rumah 16 jam (3 kW) atau 8 jam (6 kW) kalau memakai fast charging sampai 80% kapasitas cukup 40 menit saja.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com