Jumat, 19 Jul 2019 20:46 WIB

Mobil Tidak Glopak-glopak, Rio Haryanto Kesengsem Mobil Ini

Ridwan Arifin - detikOto
Rio Haryanto menghadiri peluncuran C-HR hybrid di Jakarta Foto: Agung Pambudhi
Tangerang - Rio Haryanto diketahui sebagai pembeli pertama dari mobil Hybrid Toyota C-HR. Selama kurun waktu dua bulan, pria yang juga pebalap asal Solo ini mengungkapkan pengalamannya mengendarai mobil berteknologi hybrid.

Rio mengatakan awalnya membeli Toyota C-HR karena melihat dari desain lampu sein."Yang paling saya suka adalah pada bagian depannya apalagi pada waktu memberikan sein light, lighting sangat suka, powernya dengan sistem Hybrid ini sangat agresif," ujarnya di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, ICE BSD Tangerang, Jumat (19/7/2019).

Foto: Ridwan Arifin


Lebih lanjut ia mengatakan mobil C-HR Hybrid yang dikendarainya seperti mengendarai mobil Eropa yang dikenal karena suspensinya.

"Dari segi sasis menurut merasa seperti mobil Eropa, handling sangat stiff dan suspensi saat melewati gundukan tidak terasa glopak-glopak saya merasa very cool car to have," ujar Rio.

"Baru dua bulan ini saya merasa sangat confident dan nyaman apalagi saat mengendarai mobil sangat smooth tidak ada getaran seperti mobil konvensional," ungkapnya.

Terakhir teknologi hybrid sambung Rio sangat membantu untuk mengatasi efisiensi bahan bakar saat dihadang kemacetan.

Hal ini terjadi saat deselerasi atau pengurangan kecepatan. Senior Managing Coordinator Toyota Daihatsu Engineering Manufacturing Daisuke Itagaki menjelaskan akan terjadi fungsi motor dari penggerak roda menjadi penghasil daya listrik sehingga putaran roda saat pengereman menghasilkan listrik yang disimpan dalam baterai.

Kemudian saat menghadapi kemacetan, mobil akan berjalan lebih lambat. Sumber pengerak mobil akan diambil dari baterai. Jadi pada jalanan macet, Hybrid akan irit bahan bakar.

"Memang dari awal sekarang secara enviromental kita sudah mengarah ke fuel efisiensi dan environmentally friendly, apalagi kalau di Jakarta kalau sudah punya mobil Hybrid makin mengirit bensin," ujar Rio.

"Kita berasa pada saat berhenti, jalan ramai, macet itu sangat terasa fuel saving-nya," ungkapnya. (riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com