Minggu, 05 Mei 2019 18:38 WIB

Suzuki Intruder VS 400 Jadi Saksi Soeharto Bonceng Habibie

Ridwan Arifin - detikOto
Suzuki Intruder VS 400. Foto: Pradita Utama Suzuki Intruder VS 400. Foto: Pradita Utama
Jakarta - Salah satu mantan Presiden Republik Indonesia yang gemar menunggangi motor gede (moge) adalah mendiang Soeharto. Momen yang melegenda saat Soeharto dibonceng B. J. Habibie yang menjabat Menristek berkeliling istana negara, yang kemudian Soeharto juga mencoba untuk menungganginya sendiri.

Para penggemar otomotif tahun 1990-an pasti tidak pernah asing melihat sosok Soeharto membawa moge Harley-Davidson, namun ternyata motor yang pernah dibonceng bersama Habibie tersebut adalah keluaran pabrikan Jepang, yakni Suzuki Intruder VS 400.


Presiden RI Kedua yang menjabat periode 1967 hingga 1998, sebelumnya bnyak yang menduga bila itu adalah motor Harley Davidson, dalam deskripsi yang terpampang pada motor, moge tersebut Suzuki VS 400 Intruder kesayangan Soeharto.

Dalam amatan detikcom di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, Suzuki Intruder VS 400 ini masih dalam kondisi yang terawat, apalagi pada bagian kaki-kaki tidak ditemukan karat yang menghinggapi motor.

Di atas kertas Suzuki Intruder VS 400 memiliki tenaga 399 cc, dengan transmisi 5 percepatan, dua silinder. Dari skema dapur pacu tersebut sanggup menghasilkan tenaga hingga 33 dk pada 7500 rpm dan torsi sebesar 33 Nm pada 6000 rpm.


Memang, selain motor Soeharto, terdapat pula motor presiden lain seperti Harley Davidson milik SBY, dan W175 milik Jokowi. Motor-motor pribadi koleksi Presiden Indonesia tersebut dikurasi oleh Ananda Omesh dan menceritakan berbagai kisah lengendanya. (riar/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed