Sabtu, 04 Mei 2019 11:54 WIB

Mau Keluarkan Tenaga Badak dari X-ADV, Tekan Tombol Ini

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Pradita Utama
Jakarta - Honda memasang berbagai fitur menarik di skutik adventure bermesin 750 cc, Honda X-ADV. Selain transmisi Dual Clutch atau kopling ganda yang smooth, Honda juga memasang fitur G-Switch. Tenaga badak dari motor bisa dikeluarkan kalau kita menekan tombol G di bawah speedometer.

G sendiri merupakan singkatan dari Gravel.

Mau Keluarkan Tenaga Badak dari X-ADV, Tekan Tombol IniFoto: Pradita Utama




"Fitur G-Switch ini cocok digunakan saat berada di jalan menantang, ekstrem, motor akan mengeluarkan tenaga yang lebih responsif," ujar Technical Service Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno saat ditemui di booth Honda di arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo, Kemayoran Jakarta.

Cara kerjanya bagaimana? Jika G-Switch non aktif, Endro mengibaratkan penggunaan motor kopling, jika kopling dilepas secara perlahan, maka motor akan melaju dengan mulus. Dia menambahkan saat G-Switch dalam keadaan mati maka PCM akan membuat karakter mesin smooth dengan mengontrol tekanan oli kopling saat akselerasi.



Namun jika menggunakan G-Switch ibaratnya, motor koplingnya dilepas dengan cepat sehingga motor lebih melaju dengan cepat. Karakter mesin menjadi lebih responsif dengan menghentikan kontrol tekanan oli kopling selama akselerasi. "Output torsi dari mesin ditransmisikan secara langsung," paparnya.

Selain itu Honda X-ADV dilengkapi oleh Honda Selectable Torque Control (HSTC) sebagai pengontrol traksi sepeda motor yang berfungsi mencegah terjadinya ban slip yang terdiri dari 2 level.

Level 1 memiliki torsi lebih besar yang digunakan ketika pengendara melintasi jalan berpasir atau kerikil. Sedangkan level 2 menggunakan torsi lebih kecil yang digunakan agar tidak slip di jalanan licin. Untuk mematikan fitur HSTC, pengendara cukup menekan dan menahan tombol yang terdapat pada sisi kiri handlebar.


[Gambas:Video 20detik]







(ddn/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com