Sabtu, 04 Mei 2019 08:35 WIB

IIMS 2019

Ini yang Bikin Honda X-ADV Dibanderol Dua Kali Lipat dari Avanza

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Honda X-ADV Foto: Pradita Utama Honda X-ADV Foto: Pradita Utama
Jakarta - Dengan harga mencapai Rp 450 juta, Honda X-ADV menjadi salah satu big bike termahal Honda, setelah Goldwing, Africa Twin dan CBR1000SP. Apa yang bikin motor menjadi mahal seperti itu?

"Yang pasti karena soal teknologinya yang canggih," ujar Technical Service Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno saat ditemui di booth Honda di arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo, Kemayoran Jakarta.



Salah satu komponen motor yang bikin harganya 2 kali lipat melebihi mobil sejuta umat adalah transmisinya. "Paling mahal sih pada DCT," ujarnya.

Layarnya sudah digitalLayarnya sudah digital Foto: Pradita Utama


Multi Dual Clutch Transmission (DCT) adalah transmisi yang digunakan Honda pada moge-moge terbarunya. Dengan DCT motor Honda X-ADV bisa dikendarai secara manual atau otomatis.

TuasTuas untuk menaikkan dan menurunkan gigi di sebelah kiri bawah setang dan di bagian depan setang kiri Foto: Pradita Utama


Sistem transmisi Honda X-ADV memiliki dua mode yakni Drive (D) dan Sport (S). Driver merupakan aplikasi pemilihan rasio gigi yang lebih rendah untuk akselerasi yang lebih cepat, dimana mode ini cocok digunakan untuk berkendara di kondisi perkotaan.



Mode Sport (S) merupakan mode berkendara yang lebih sporti dengan perpindahan gigi pada kecepatan yang lebih tinggi. Mode S ini memiliki 3 mode tambahan, yaitu standard, sport 1, dan sport 2 untuk memberikan gaya berkendara yang lebih sporty.

Untuk menaikkan gigi bisa menggunakan tombol plus minus di setang kiri, sedangkan untuk menetralkan atau memilih mode D dan S dengan menekan tombol-tombol di sebelah kanan. Jadi tak perlu pakai kopling seperti di motor gede pada umumnya.

Honda X-ADVHonda X-ADV Foto: Pradita Utama


Gigi transmisi ini bisa kita lihat pada layar digital di batok motor.

Lihat video peluncuran Honda X-ADV di IIMS 2019

[Gambas:Video 20detik]

(ddn/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com