Jumat, 03 Mei 2019 15:43 WIB

Seberapa Penting Memasang Dashcam di Mobil?

Luthfi Anshori - detikOto
Dashcam untuk mobil Foto: Luthfi Anshori/detikOto Dashcam untuk mobil Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta - Dashcam atau dashboard camera merupakan salah satu teknologi yang sekarang cukup banyak digunakan pemilik mobil.

Teknologi ini fungsinya mirip kamera CCTV. Bedanya, dashcam dipasang di dashboard. Lalu seberapa penting memasang perangkat ini di mobil?



"Supaya bisa merekam keadaan di depan mobil saat perjalanan, sehingga jika terjadi tabrakan atau insiden, maka kita bisa memiliki saksi mata yang dapat dipercaya dan tidak mungkin memihak, yaitu video hasil rekaman kejadian," kata Direktur PT Whiteeast Indonesia (Blackvue Indonesia), Rudy Ham, di arena IIMS 2019, JIExpo, Kemayoran, Jakarta, belum lama ini.

Seiring perkembangan zaman, teknologi dashcam pun makin canggih. Contohnya bisa melihat video Live Streaming, Resolusi Kamera 4K, Menyimpan ke Cloud, hingga Teknologi Night vision untuk merekam di malam hari.



Selain untuk dipasang di mobil pribadi, dashcam juga perlu dipasang di mobil-mobil yang digunakan untuk taksi online.

"Makin maraknya taksi online, risiko untuk berselisih paham antara sopir dan penumpang bertambah besar. Dengan adanya perekaman di dalam kabin mobil, penumpang akan merasa lebih aman karena diawasi, apalagi jika penumpang adalah seorang perempuan," lanjut Rudy.

"Sementara bagi sopir taksi online, dashcam juga bisa mencegah tindak kejahatan seperti perampokan. Sebab adanya dashcam di dalam mobil, akan membuat penjahat berpikir dua kali untuk merampok, karena perilakunya bakal terekam dan bisa dijadikan barang bukti," pungkas Rudy.


Produk Dashcam Baru di IIMS 2019

Di IIMS 2019 Blackvue Taksi menghadirkan 4 variant terbaru, yaitu Blackvue Cloud 4K, Blackvue Cloud FullHD, Blackvue Wifi dan blackvue Simple dengan kisaran harga Rp 3 jutaan hingga Rp 7 jutaan.

Selain produk keluaran terbarunya, Blackvue juga telah memiliki pangsa pasar tersendiri untuk pengguna mobil pribadi, yaitu kamera yang bisa merekam ke 2 arah, yaitu bagian depan dan belakang mobil. Jadi jika tabrakan terjadi di segala sisi, tinggal melihat hasil rekamannya melalui HP.

Ke depan diharapkan setiap kendaraan akan memasang dashcam, sehingga akan tercipta keadaan dimana semua lebih berhati-hati di jalanan dan diharapkan tingkat kecelakaan lalu lintas akan berkurang.



Video Ototes yang terbaru sudah keluar loh gaes. Kali ini review Forza 250 loh. Tonton di sini ya videonya:

[Gambas:Video 20detik]

(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com