Sabtu, 27 Apr 2019 21:23 WIB

Kemeriahan di Alun-alun Klaten: Pasar Malam Hingga Nella Kharisma

Muhammad Idris - detikOto
Foto: Muhammad Idris/Detikcom Foto: Muhammad Idris/Detikcom
Klaten - Malam akhir pekan di Alun-alun Kota Klaten, Sabtu ini (27/4/2019), tampak jauh lebih ramai dibanding hari-hari lain. Ribuan orang tumpah ruah di area terbuka di depan Masjid Raya Kabupaten Klaten itu. Kepadatan menyemut di depan sebuah panggung besar yang berdiri menghadap lapangan yang dikelilingi tenda-tenda pedagang kuliner hingga aksesoris.

Hingga Minggu (28/4/2019), Alun-alun yang biasanya jadi tempat bercengkerama dan rekreasi warga Klaten ini disulap jadi lokasi gelaran Blue Core Yamaha Motor Show (BYMS) 2019. Meski digelar oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, BYMS tampak lebih seperti keramaian pasar malam.

BYMS memang dibuat dengan konsep pesta rakyat yang bisa jadi alternatif liburan bersama keluarga laiknya pasar malam. Sepanjang pagi hingga sore, lusinan acara sengaja digelar untuk menghibur warga Klaten dan sekitarnya. Ada arena bermain anak, lomba mewarnai, pesta es krim, demo kuis tebak irit bensin, test ride, costplayer, kompetisi PBB, hingga hijab fashion models.

Sore harinya, giliran atraksi kesenian jatilan yang tampil dalam beberapa babak hingga langit berangsur gelap. Para penari dengan topeng yang menyerupai reog ini tampil atraktif dengan gerakan dinamis mengikuti alunan musik gamelan. Beberapa pemain jatilan tampak kesurupan atau setengah sadar dalam gerakan tariannya jadi tontonan paling menarik perhatian.


Bersamaan saat tarian jatilan dilakukan, pemain lainnya melakukan ritual khusus membakar kemenyan, sehingga asap dan bau khasnya memenuhi lapangan. Sementara beberapa pemain jatilan yang kesurupan dengan rakus memakan kembang yang diperuntukkan untuk sesajen di depan panggung utama. Di malam harinya, gantian kelompok band lokal Om Gentayangan menghibur ribuan pengunjung yang memenuhi alun-alun.

Deputy GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Yordan Satriadi, mengungkapkan konsep pesta rakyat sengaja dipilih karena lekat dengan hiburan semua kalangan masyarakat tanpa pandang usia. Apalagi, semua acara tersebut bisa dinikmati secara gratis.

Kemeriahan di Alun-alun Klaten: Pasar Malam Hingga Nella KharismaKesenian Jatilan di BYMS 2019 Alun-alun Klaten (Foto: Muhammad Idris/Detikcom)

"Event BYMS tahun ini menyediakan beberapa wahana permainan dan hiburan yang menarik serta tahun ini kami memadukan selera masyarakat lokal, sehingga sangat cocok untuk didatangi oleh semua kalangan termasuk bersama keluarga tercinta," kata Yordan.

Yang menarik, pengunjung juga bisa mendapatkan beragam layanan gratis dan diskon selama dua hari penyelenggaraan BYMS 2019, pengunjung juga dapat menikmati servis gratis untuk semua merek motor dan gratis ganti oli Yamalube dari Yamaha.


BYMS 2019 juga menjadi waktu tepat bagi yang ingin membeli apparel dan spare part resmi Yamaha. Sebab, Yamaha memberikan diskon spesial yang tidak akan didapatkan di tempat penjualan lain. Pengunjung juga mendapat kesempatan spesial tukar tambah ban tanpa biaya pemasangan.

Hari kedua, rangkaian acara BYMS 2019 bakal lebih atraktif. Paginya, warga Klaten dan sekitarnya bisa ikut serta dalam fun walk berhadiah yang pendaftarannya juga tanpa dipungut biaya. Tak tak boleh dilewatkan, adalah penampilan pedangdut Nella Kharisma. Penyanyi yang terkenal karena lagu hits Konco Mesra ini bakal menggoyang lapangan alun-alun Klaten pada sore harinya.

Kemeriahan di Alun-alun Klaten: Pasar Malam Hingga Nella KharismaTest ride di BYMS 2019 Klaten (Foto: Muhammad Idris/Detikcom)
(ega/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com