Rabu, 24 Apr 2019 22:03 WIB

Mobil Baru di IIMS 2019: Kembaran Toyota Supra Sampai Xpander

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Suasana IIMS. Foto: Rangga Rahadiansyah Suasana IIMS. Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Seperti tahun-tahun sebelumnya, pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 bakal diramaikan oleh mobil-mobil baru. Beberapa mobil baru sudah dibocorkan bakal diluncurkan di IIMS 2019.

Untuk diketahui, IIMS 2019 mulai dibuka besok, Kamis (25/4/2019). Pagelaran otomotif ini diselenggarakan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta sampai 5 Mei 2019. Apa saja mobil baru yang ada di IIMS 2019?

BMW membocorkan akan meluncurkan roadster kembaran Toyota Supra, yaitu BMW Z4. BMW Z4 Roadster akan didatangkan ke Indonesia pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 yang berlangsung selama periode 25 April hingga 5 Mei 2019. Jumlah unit mobil berperforma tinggi ini juga mendapatkan kuota terbatas. Untuk di Indonesia BMW Z4 hanya tersedia sebanyak 20 unit.



Selanjutnya ada Xpander baru. Beberapa waktu lalu Mitsubishi menyebarkan bocoran Xpander yang akan meluncur di IIMS 2019 ini. Dari cuplikan video tersebut terlihat beberapa bagian dari Xpander dengan versi yang lebih menarik. Mulai dari bagian depan, jok kulit, sampai desain ala mobil balap di bemper depan. Mitsubishi Xpander itu akan dijual dalam jumlah terbatas.

Kemudian pendatang baru di segmen SUV dari Korea Selatan, Hyundai Kona, melantai di IIMS 2019. Hyundai Kona yang mengisi segmen Compact SUV siap bersaing bersama Honda HR-V, Toyota CH-R, hingga Mazda CX-3.

Dari pabrikan Jerman, Mercedes-Benz siap membawa B-Class terbaru Tidak seperti model yang lama, B-Class menggunakan mesin yang lebih kecil, yakni 1.332 cc, atau kita bulatkan saja 1.400 cc. Mesin ini menghasilkan tenaga 163 daya kuda dan torsi 250 Nm. Konsumsi BBM-nya diklaim mencapai 5,6-5,4 liter per 100 km.



Kemudian dari pabrikan China, Wuling yang beberapa hari lalu memperkenalkan Wuling Cortez Turbo dan Wuling Confero ACT memboyong dua mobil tersebut ke IIMS. Wuling Cortez CT atau turbo menggendong mesin baru yakni 1.500 cc turbocharger dengan tranmisi CVT 8 percepatan. Mobil memiliki kekuatan 140hp di 5.200 rpm dan torsi 250 Nm di 1.600-3.600 rpm. Selain itu, penyempurnaan di bagian interior dan teknologi juga dilakukan. Misalnya, keyless entry pada Wuling Cortez CT.

Sedangkan Wuling Confero ACT merupakan varian baru di keluarga Confero. Wuling Confero S ACT kini hadir dengan transmisi baru yaitu E-Clutch Management System yang dikembangkan bersama produsen manufaktur kendaraan terkemuka asal Jerman, Schaeffler. Transmisinya tetap manual, tapi pengoperasiannya akan sedikit berbeda dengan transmisi manual sebelumnya. Pedalnya cuma dua, jadi tidak ada pedal kopling. Pengoperasiannya mirip-mirip seperti mengendarai motor bebek.

Apa lagi mobil baru yang diluncurkan di IIMS 2019 besok? Sepertinya masih banyak lagi mengingat beberapa pabrikan lainnya memilih bungkam untuk membocorkan mobil baru. Jadi, pantau terus artikel mobil baru IIMS 2019 di detikcom. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com