Aston Martin Pamer Mobil Listrik Pertama di Asia

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 17 Apr 2019 15:17 WIB
Foto: Pool (carscoops)
Shanghai - Shanghai Auto Show bakal menjadi kiblat baru untuk industri otomotif dunia. Bagaimana tidak, berbagai pabrikan berlomba-lomba memperkenalkan produk terbaru dan terbaik masing-masing di sana. Seperti Aston Martin yang mulai memperkenalkan mobil listrik pertamanya.

Dikutip autoevolution, Aston Martin resmi memperkenalkan Rapide E mobil listrik mereka di Shanghai Auto Show, China. Mobil ini memang menjadi mobil yang dipersiapkan untuk menjadi kendaraan masa depan.



Sebagai catatan, mobil ini juga kerap mendapat pujian. Bagaimana tidak, mobil listrik ini tetap menggunakan bodi dari Rapide. Namun untuk menjadikan mobil ini berbekal listrik, mobil ini membuang mesin V12 berkapasitas 6.0 liter yang sudah terselip sebelumnya. Dan menggantikannya dengan menggunakan baterai dan dua motor listrik.

Mobil listrik Aston Martin Rapide EMobil listrik Aston Martin Rapide E Foto: Pool (carscoops)


Jika melihat struktur mobil listrik ini, kap mesin diubah untuk menjadi tempat baterai 65 kWh. Baterai ini pun dibungkus dengan menggunakan serat karbon dan casing kevlar. Dan baterai ini akan mampu membuat mobil ini berlari hingga 321 km, dan hanya butuh 1 jam lebih untuk mengisi penuh dengan pengisian daya 400V 50 kW.



Daya dari baterai diumpankan ke dua motor listrik yang dipasang di roda belakang dan dihubungkan ke Limited Slip Differential (LSD). Motor listrik dikatakan memiliki output daya gabungan 610 ps dan torsi 950 Nm dan hanya butuh waktu 4 detik untuk bisa mencapai 0-96 km/jam serta mencapai topspeed hingga 250 km / jam.

Mobil listrik Aston Martin Rapide EMobil listrik Aston Martin Rapide E Foto: Pool (carscoops)


Terakhir, mobil ini dikatakan hanya akan diproduksi 155 unit dan mulai dijual pada 2020 tahun depan.



Tonton episode terbaru Ototes di sin. Kali ini giliran motor BMW yang dioprek dalam Ototes.



Aston Martin Pamer Mobil Listrik Pertama di Asia
(lth/ddn)