Senin, 15 Apr 2019 09:52 WIB

SUV Listrik 'Si Mobil Rakyat'

Dadan Kuswaraharja - detikOto
VW ID. ROOMZZ Foto: Volkswagen
Shanghai - Menjelang Shanghai Auto Show, pabrikan mobil Jerman, Volkswagen, memperlihatkan satu lagi kreasi mereka dengan teknologi listrik. Mobil itu adalah VW ID. Roomzz. Sebuah mobil Sport Utility Vehicle (SUV) dengan 3 baris kursi.

"ID. Roomzz yang diperkuat dengan tenaga baterai, bisa berpindah dengan mudah, senyap dan tanpa emisi," ujar Kepala Desainer VW Klaus Bischoff. Mobil menjadi keluarga terbaru dari ID. Merek ID sendiri merupakan merek yang dikembangkan VW untuk line up mobil-mobil listrik mereka.



Tak hanya bertenaga listrik, mobil juga dilengkapi dengan sistem IQ.DRIVE, yang bisa diatur oleh pengemudi untuk mengemudi secara otomatis di jalan raya dalam mode ID. Pilot.


Interior ID. Roomzz yang canggihInterior ID. Roomzz yang canggih Foto: Volkswagen

Karena ini mobil yang juga bisa menjadi mobil otonom, konfigurasi kursi bisa bermacam-macam. Saat mode dipindahkan ke mode otonom, kursi bisa berputar 25 derajat agar menciptakan kabin yang lebih lega. Kursi juga bisa direbahkan dengan maksimal agar penumpang bisa tidur.



Untuk penggeraknya, mobil diperkuat dengan 2 motor listrik 225 KW di poros roda. Mobil bisa berlari dari 0 sampai 100 km per jam dalam 6,6 detik dan mencapai kecepatan maksimum 180 km per jam. Seperti halnya mobil listrik lainnya, torsi maksimum bisa diperoleh dari laju awal.

CEO VW Herbert Dies menjelaskan mobil ID. Roomzz di ShanghaiCEO VW Herbert Dies menjelaskan mobil ID. Roomzz di Shanghai Foto: Volkswagen


Untuk baterai, mobil menggunakan baterai berkapasitas 82 kWh yang sanggup menjelajah sampai 450-475 km. Baterai bisa dicas dalam setengah jam menggunakan sistem pengisian cepat berkekuatan 150 kW (DC). Mobil akan mulai diproduksi massal 2 tahun lagi.

Video perkenalan VW ID. Roomzz

[Gambas:Youtube]

(ddn/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com