Senin, 11 Mar 2019 07:59 WIB

Geneva Motor Show 2019

Hasil Kawin Silang Mobil dan Motor, Begini Jadinya

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Dok. SEAT Foto: Dok. SEAT
Jenewa - Perusahaan mobil asal Spanyol, SEAT, turut meramaikan Geneva Motor Show 2019 dengan menghadirkan konsep uniknya. Bentuk kawin silang antara mobil-motor ini secara resmi dikategorikan sebagai jenis quadricycle dengan nama Minimo.

Meskipun konsep ini belum direncanakan untuk diproduksi massal, SEAT mengatakan quadricycle bertenaga listrik ini ditujukan untuk mobilitas dalam kota yang mengkombinasikan ukuran motor dengan keamanan serta kenyamanan layaknya mobil. Kendaraan ini memiliki panjang 2,5 meter dan lebar hanya 1,24 meter sehingga memungkinkannya untuk menyelip di antara kemacetan.



Meskipun terlihat kecil, Minimo bisa menampung dua penumpang dalam pengaturan tempat duduk 1+1 yang menyediakan jarak yang sama antara titik pinggul penumpang belakang dan pengemudi. Kendaraan ini terintegrasi dengan berbagai konektivitas modern yang ditenagai oleh Android Auto. Informasi mengenai kendaraan ditampilkan melalui display digital di tengah dashboard.



"Industri beradaptasi untuk mengubah bagaimana konsumen melihat transportasi personal. Melalui Minimo, visi produk pertama kami dirancang untuk tujuan, SEAT mengatasi tantangan-tantangan itu, menggabungkan teknologi mengemudi otonom dengan sistem powertrain listrik untuk menciptakan masa depan mobilitas perkotaan," kata Presiden SEAT, Luca De Meo.

Baterai yang ditanamkan pada mobil ini menggunakan sistem swap. Keuntungan penggunaan baterai jenis swap adalah pemiliknya tidak perlu menunggu waktu mengisi daya baterai. Kalau baterai habis, tinggal copot dan ganti dengan baterai baru yang sudah terisi penuh. Dengan satu baterai yang terisi penuh, kendaraan ini mampu menempuh perjalanan sejauh 100 km di atas 4 ban berukuran 17 incinya itu. (rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com