Jumat, 09 Nov 2018 20:02 WIB

EICMA

Motor Listrik Keren Harley-Davidson LiveWire

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Harley LiveWire (Foto: Harley-Davidson) Harley LiveWire (Foto: Harley-Davidson)
Milan - Motor Harley-Davidson selama ini dikenal dengan mesin garang bersuara khas 'blar-blar-blar'. Harley sudah mulai berubah dan memasuki era baru dengan memperkenalkan motor listrik.

Ya bagi Otolovers yang sudah sekian lama mengamati perkembangan motor listrik pasti paham dengan LiveWire. Motor listrik Harley yang sejak tahun 2014 wara-wiri di aneka pameran motor kelas dunia. Kini di pameran EICMA Milan yang berlangsung pekan ini, Harley memberikan informasi lebih detail soal motor yang akan mulai bisa dipesan pada Januari 2019.



Lewat LiveWire, Harley-Davidson ingin menjadi pemimpin dunia dalam hal motor listrik. Di sisi lain Harley pun dengan agresif namun bijak terus berinvestasi dalam teknologi listriknya. Harley menargetkan tahun 2020 mereka bisa memiliki portofolio motor listrik yang lengkap.

Tenaga

Motor diperkuat dengan motor listrik magnet permanen yang menghasilkan torsi instan begitu selongsong gas diputar. Motor listrik ditempatkan di bagian bawah motor untuk menciptakan titik pusat gravitasi yang rendah dan membantu handling motor lebih asyik entah itu di kecepatan rendah maupun tinggi.

Sadar dengan bahaya yang dimiliki motor listrik kalau tanpa suara, maka Harley menciptakan bunyi pada motor listriknya yang bisa bertambah keras seiring laju kecepatan motor.

Untuk baterai utama, Harley LiveWire menggunakan sistem RESS atau Rechargeable Energy Storage System, yang merupakan baterai ion lithium. Baterai ini memiliki rumah yang terbuat dari aluminium. LiveWire juga memiliki baterai kecil 12 volt untuk memberikan tenaga pada lampu, knalpot dan layar display. Pengecasan baterai bisa dilakukan dengan menarik kabel listrik yang disimpan di bawah jok motor.



Sasis

Sasis motor didesain agar menciptakan pergerakan motor yang lincah baik di jalan perkotaan ataupun jalan luar kota yang berbelok-belok. Untuk memperkuat rigiditas, Harley menggunakan frame aluminium.

Pada kaki-kakinya, Harley memasang suspensi Showa yang bisa diatur. Di bagian belakang ada monoshock Showa BFRC-lite (Balanced Free Rear Cushion-lite) yang dipadukan dengan Showa SFF-BP (Separate Function Fork-Big Piston).

Untuk menghentikan laju motor, LiveWire menggunakan rem dari Brembo dengan cakram berdiameter 300 mm. Ada juga sistem rem Anti-lock Braking System (ABS) dan Traction Control System (TCS).



Sementara untuk penghubung ke aspal, Harley memasangkan ban Michelin Scorcher berukuran 180mm di belakang dan 120mm di depan.

Motor akan dijual tahun depan. Spesifikasi lebih lanjut akan diumumkan pada Januari 2019. (ddn/ruk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed