Selasa, 06 Nov 2018 13:43 WIB

EICMA

Yamaha 3CT, XMAX Beroda Tiga

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Yamaha 3CT, Prototipe XMAX Roda Tiga. Foto: Dok. Yamaha Yamaha 3CT, Prototipe XMAX Roda Tiga. Foto: Dok. Yamaha
Milan - Yamaha sepertinya tertarik juga bermain di segmen motor roda tiga. Setelah Tricity yang mengusung mesin 155 cc dan 125 cc (di Eropa) juga moge roda tiga Yamaha Niken, kini Yamaha menghadirkan kembali motor roda tiga terbarunya. Namanya 3CT. Motor itu belum diproduksi massal, melainkan baru sebatas prototipe.

Yamaha akan memamerkan prototipe 3CT di pameran otomotif roda dua EICMA di Milan pekan ini. Jika Tricity merupakan versi roda tiga dari Nmax, prototipe 3CT menjadi XMAX dengan roda tiga karena mengusung mesin yang sama dengan skutik bongsor Yamah tersebut.



Menurut Yamaha melalui siaran persnya, motor roda tiga cocok digunakan di Eropa. Sejak peluncuran Tricity 125 pada 2015 lalu, lebih dari 22.000 konsumen Yamaha di Paris, Milan, hingga Roma menggunakan motor roda tiga tersebut. Dengan desain roda tiga ringan dan inovasi yang memberikan peningkatan kontrol dalam segala cuaca dan kondisi permukaan jalan, skuter roda tiga mudah dikendarai dan berhasil menarik perhatian konsumen sebagai mobilitas perkotaan.

Tak cukup dengan Tricity, Yamaha meluncurkan prototipe skuter roda tiga yang lebih besar, 3CT. Yamaha menyebut, banyak konsumen yang ingin beralih ke skuter roda tiga dengan mesin yang lebih besar daripada Tricity.

Yamaha TricityYamaha Tricity Foto: Muhammad Ridho


Prototipe ini menegaskan arah desain Yamaha dalam mengembangkan skuter roda tiga bermesin XMAX. Yamaha mendesain 3CT dengan konsep kemudahan penggunaan, keringanan, dan peningkatan performa untuk kecepatan yang lebih tinggi. Skuter roda tiga bermesin XMAX ini diklaim bisa melaju lebih jauh tapi tetap lincah seperti Tricity ketika digunakan di perkotaan.



Untuk meningkatkan kenyamanan saat berhenti, 3CT dibekali Tilt Lock Assist, yaitu sistem pengunci yang membuat motor tetap tegak berdiri ketika berhenti. Fitur itu belum ada di Yamaha Tricity sehingga pengendara skuter roda tiga 125 cc dan 155 cc itu harus menurunkan kaki ke tanah ketika berhenti. Kalau di 3CT tidak perlu menapakkan kaki ke tanah karena sudah ada sistem pengunci dua roda depannya jadi tetap berdiri tegak. Mirip seperti Piaggio MP3 yang sudah punya sistem pengunci serupa.

Soal desainnya, prototipe Yamaha 3CT mengombinasikan DNA Yamaha dan skuter roda tiga keluarga Tricity. Bodi dinamis 3CT memiliki warna baru yang inovatif. Agar lebih mencolok, sasis dan pelek sebagian besar dikelir warna abu-abu dengan highlight biru elektrik.



Desain unik ada di joknya. Joknya dicetak 3D dan ditambahkan lampu-lampu LED. Ini merupakan teknologi pertama yang diterapkan di sasis Yamaha.

Bicara dapur pacu, prototipe 3CT menggendong mesin yang sama dengan XMAX yang dijual di Eropa. Artinya, motor itu pakai mesin Blue Core 300 cc.




Tonton juga 'Si Gahar 'Niken', Moge Roda Tiga Milik Yamaha':

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed