Selasa, 06 Nov 2018 12:43 WIB

EICMA

12 Ducati Anyar Meluncur, dari Scrambler sampai Motor Terkuat

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Peluncuran motor Ducati (Foto: Dok. Ducati) Peluncuran motor Ducati (Foto: Dok. Ducati)
Milan - Pabrikan motor gede (moge) asal Italia, Ducati, meluncurkan motor baru sekaligus 12 model. Motor baru Ducati itu dipamerkan di pameran otomotif roda dua EICMA 2018 di Milan 8-11 November 2018.

Sebelum dipamerkan ke publik langsung, Ducati menggelar peluncuran ke-12 motor baru tersebut. Adapun motor-motor baru Ducati itu adalah pembaruan dari seri Ducati Scrambler seperti Scrambler Icon, Scrambler Cafè Racer, Scrambler Full Throttle dan Scrambler Desert Sled, serta Multistrada 1260 Enduro dan Multistrada 950/S. Ada pula motor yang benar-benar baru seperti Panigale V4 R, Diavel 1260/S, dan Hypermotard 950/SP. Juga terdapat tiga motor versi baru seperti Monster 821 stealth, Monster 25th Anniversary, dan Panigale V4 S Corse.



CEO Ducati Motor Holding, Claudio Domenicali, mengatakan motor-motor baru itu adalah perwakilan global dari beberapa aspek terbaik dari keunggulan motor buatan Italia.

Ducati Scrambler.Ducati Scrambler. Foto: Dok. Ducati


"Tahun ini melihat perbaikan besar pertama kali dari seluruh model Scrambler sejak awal, ditambah pembaruan lengkap Diavel dan Hypermotard, dua motor yang merupakan favorit Ducatisti. Panigale V4 R, kenyataannya, adalah motor pabrikan paling bertenaga yang pernah Ducati bikin," kata Domenicali.

Monster 821 stealth. Monster 821 stealth. Foto: Dok. Ducati


Ducati telah memamerkan motor model 2019 seperti Monster 25th Anniversary, new Monster 821 stealth yang menghadirkan livery hitam doff dan grafis merah, quick shift system, adjustable fork dan nose fairing.



Motor model 2019 yang menarik lainnya adalah Multistrada 950 S. Motor petualang terkecil Ducati ini menerima upgrade besar-besaran. Ducati Multistrada 950 S terbaru ini memiliki teknologi mutakhir untuk meningkatkan keselamatan dan kenikmatan berkendara. Motor itu mendapatkan fitur Ducati Skyhook Suspension (DSS) elektronik, Ducati Quick Shift up & down (DQS), lampu depan full LED, layar display TFT berwarna 5 inci, Hands Free system, Cruise Control dan backlit switchgear controls.

Ducati Multistrada 950. Ducati Multistrada 950. Foto: Dok. Ducati


Dari desain, Multistrada 950 mewarisi sisi sayap Multistrada 1260 yang menjadikan bagian depan lebih ramping. Selain itu, motor ini dibekali kontrol hidrolik dan ABS Cornering dari Bosch yang meningkatkan keselamatan aktif.

Lanjut ke motor Hypermotard 950, motor ini benar-benar baru di line up Ducati. Memang sebelumnya Ducati sudah memiliki Hypermotard, namun dalam bentuk Hypermotard 939 dengan mesin 821 cc. Kini, Hypermotard 950 tampil lebih besar, lebih memacu adrenalin, tapi diklaim tetap ramah untuk penunggangnya.

Ducati Hypermotard 950 dan Hypermotard 950 SP. Ducati Hypermotard 950 dan Hypermotard 950 SP. Foto: Dok. Ducati


Hypermotard 950 memiliki tampilan baru yang mengambil isyarat dari dunia balap supermotard. Ergonomisnya dirombak total untuk meningkatkan kesenangan berkendara.

Meski lebih besar, bobot Hypermotard 950 lebih ringan 4 kg dari model Hypermotard sebelumnya. Kini, Hypermotard 950 menggendong mesin 924 cc Testastretta 11° yang mampu menyemburkan tenaga hingga 114 daya kuda.

Fitur-fitur yang ada di Hypermotard 950 antara lain Bosch Cornering ABS dengan fungsi Slide by Brake, Ducati Traction Contro EVO (DTC EVO), Ducati Wheelie Control (DWC) EVO dan Ducati Quick Shift (DQS) Up and Down EVO (sebagai standar di 950 SP dan aksesori tambahan di Hypermotard 950). Hypermotard 950 SP memiliki jok datar, travel suspensi Ohlins yang lebih tinggi serta pelek forged Marchesini.



Motor baru lainnya adalah Diavel 1260. Kini, generasi kedua Diavel 1260 menawarkan garis besar yang lebih tegas dan performa yang lebih tinggi. Disebutkan, motor ini lebih menyenangkan untuk dikendarai di mana pun, juga tetap menawarkan kenyamanan untuk pengendara dan penumpang.

Ducati Diavel 1260. Ducati Diavel 1260. Foto: Dok. Ducati


Jiwa sport naked-nya dibuktikan dengan mesin Testastretta DVT 1262. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 159 daya kuda pada 9.500 rpm dengan torsi maksimal 129 Nm pada 7.500 rpm.

Khusus versi S yang lebih sporty terdapat fitur tambahan sebagai standar seperti suspensi Ohlins di depan dan belakang, pelek spesial, dan sistem pengereman performa tinggi. Tak cuma itu, Diavel 1260 dibekali fitur Ducati Quick Shift up & down Evo (DQS) sebagai fitur standar.

Panigale V4 S Corse. Panigale V4 S Corse. Foto: Dok. Ducati


Lanjut ke Panigale V4 S Corse. Kini, Panigale V4 S Corse mendapatkan livery ala tunggangan Andrea Dovizioso di MotoGP.

Yang spesial lagi adalah kehadiran Panigale V4 R. Panigale V4 R bahkan kini mengadopsi teknologi langsung dari MotoGP. Pembaruannya tak cuma dari segi mesin dan setting suspensi, tapi juga termasuk fairing yang didesain dan dikembangkan oleh Ducati Corse yang berkolaborasi dengan Ducati Style Centre. Fairing baru juga menggabungkan pelengkap aerofoil yang dikembangkan untuk prototipe MotoGP. Terbuat dari serat karbon, perangkat itu meningkatkan stabilitas.

 Panigale V4 R. Panigale V4 R. Foto: Dok. Ducati


Bahkan, Ducati akan menurunkan Panigale V4 R untuk kejuaraan WSBK yang memakai motor jalan raya. Mesin Desmosedici Stradale 1.103 cc diganti dengan mesin 998 cc Desmosedici Stradale R untuk memenuhi aturan WSBK.

Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 221 daya kuda pada putaran mesin 15.250 rpm. Putaran mesin maksimalnya 2.250 rpm lebih tinggi dibanding tenaga puncak pada mesin 1.103 cc V4. Performa lebih tinggi bisa dicapai dengan memasang knalpot Ducati Performance dari Akrapovic yang meningkatkan tenaganya sampai 234 daya kuda pada 15.500 rpm. Singkatnya, Panigale V4 R ini menjadi menjadi motor pabrikan Ducati paling kuat yang pernah ada.




Tonton juga 'Menjinakkan Motor Supersport Tercantik di Dunia':

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed