Minggu, 04 Nov 2018 17:30 WIB

IMOS 2018

Suzuki Satria Masih Bisa Bernafas di Tengah Gempuran Skutik

Rizki Pratama - detikOto
Suzuki Satria F150. Foto: Ruly Kurniawan Suzuki Satria F150. Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Beberapa tahun lalu Satria F150 bisa dikatakan sebagai backbone dari Suzuki dalam penjualan sepeda motor di Indonesia. Meskipun demikian seiring berjalannya waktu pamor motor ini perlahan meredup dari tahun ke tahun seiring dominasi skutik yang semakin kuat.

Meskipun demikian dari model underbone ini masih memberikan penjualan yang cukup meski bukan terbanyak di antara line up sepeda motor Suzuki di Indonesia.

"Beberapa bulan terakhir penjualan Satria F150 ada kenaikan meski tidak sebanyak model kami lainnya," ujar Marketing Manager PT SIS, Banggas Pardede saat ditemui detikOto di Booth Suzuki pada gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018.


Pada bulan Oktober saja dari total 10.489 unit penjualan wholesale Suzuki 1.500 di antaranya merupakan hasil penjualan Satria F150. Untuk Suzuki sendiri penjualan terbesarnya berasal dari Nex II di angka 3500 unit.

Pergeseran tren pasar Indonesia saat ini yang memfavoritkan skutik bisa dikatakan menjadi andil penurunan minat konsumen terhadap motor yang cukup ikonik pada masanya ini.

Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Johanes Loman mengatakan persentase skutik di Indonesia mencapai 82 persen.

"Saat ini 82 persen adalah skutik, bebek tinggal 8-9 persen aja sedangkan sport tidak turun di angka 9-10 persen," ungkap Loman.

"Skutik laku karena dari sisi kepraktisan dan juga desain yang lebih modis dan bisa dipakai laki laki atau perempuan," ujar Johan.

Selain itu, sejumlah line up baru membuat penjualan sepeda motor Suzuki di Indonesia mengalami peningkatan dibanding tahun lalu. Model seperti GSX-R series dan Bandit menjadi sebuah penyegaran dalam pasar sepeda motor Indonesia.

Pada bulan Oktober 2018 Suzuki menjual 10489 unit sepeda motor di Indonesia.

"Untuk tahun ini kita berhasil jual 10489 unit untuk bulan Oktober saja," kata Banggas.

Dari total penjualan tersebut Nex II menyumbang dengan total 3500 unit. Skutik yang memang mendominasi penjualan sepeda motor Indonesia juga menjadi kustomer yang memilih Suzuki sebagai kendaraan mereka.

Di bawah Nex II, GSX-R Series membuntuti dengan total penjualan 2500 unit.

"Selanjutnya setelah Nex II ada GSX-R series yang di angka 2500. Untuk GSX-R sendiri saya lihat varian berfairing lebih banyak," tambah Banggas.


Untuk urutan ketiga Suzuki Bandit menguntit GSX-R series dengan torehan 2170.
"Untuk bandit Oktober lalu terjual 2170 unit, itu wholesale kalau ritel saya belum cek lagi," ungkap Banggas.

Mengenai penjualan di IMOS sendiri Banggas belum bisa memberikan detilnya.

"Untuk IMOS saya belum kontrol, cuma kalau saya lihat trafic pengunjung IMOS cukup banyak masuk ke booth kita itu berarti dari sisi produk cukup menarik," pungkas Banggas. (rip/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed