Rabu, 22 Agu 2018 13:05 WIB

Kata Masyarakat Soal Bus Tanpa Sopir di Asian Games 2018

Rizki Pratama - detikOto
Keren, Ada Bus Tanpa Sopir di GBK! Foto: Rizki Pratama Keren, Ada Bus Tanpa Sopir di GBK! Foto: Rizki Pratama
Jakarta - Di arena Asian Games di GBK, Senayan, Jakarta, tersaji hal menarik, yaitu bus otonom tanpa sopir. Bus yang dibawa oleh Telkomsel itu sudah tersedia di halaman Telkomsel 5G Experience Center.

Setelah melakukan maintenance akhir pekan kemarin, bus otonom yang digunakan Telkomsel sebagai salah satu used case jaringan 5G sempat dapat digunakan. Untuk mencoba kendaraan tanpa sopir ini pengunjung Asian Games dapat menunggu di halte depan Booth Telkomsel.



"Saya kira untuk di Indonesia termasuk langkah yang bagus, ada mobil otonom tanpa sopir bisa berjalan hanya dengan menggunakan sinyal Telkomsel 5G ini," ujar Latif salah satu pengunjung Asian Games 2018.

Bus otonom ini mampu mengenali rute perjalan yang akan dilaluinya setelah mengunduh peta dan bergerak menggunakan GPS. Bus ini aman bagi pejalan kaki yang ingin menyeberang karena memiliki sensor untuk mendeteksi keberadaan manusia.



Di dalam bus, penumpang bisa mengabadikan momen berkendara menggunakan bus otonom melalui kamera 360 yang telah terpasang. Hasil foto dapat diunduh melalui aplikasi Telkomsel Asian Games dengan memindai kode QR dari tablet operator bus otonom ini.

"Untuk beroperasi di jalan umum mungkin belum siap, karena masih banyak memerlukan pengembangan di jaringan 5G yang belum sepenuhnya tersebar di Indonesia," tambah Latif.

Setelah mencoba menggunakan bus otonom, Latif mengaku sudah cukup siap bila nantinya kendaraan otonom akan digunakan secara masif untuk kebutuhan transportasi di Indonesia.

Untuk sementara, demi menghindari keterlambatan bus atlet, bus otonom ini harus menunggu koordinasi dari bus lain terutama di saat akan dimulainya pertandingan cabang olahraga Asian Games.



Ini video Ada Bus 'Hantu' di GBK, Bisa Jalan Tanpa Sopir (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed