Kamis, 09 Agu 2018 16:05 WIB

Toyota Bawa C-HR ke Indonesia Bukan untuk Tantang Honda HR-V

Dina Rayanti - detikOto
Toyota C-HR Foto: Ruly Kurniawan Toyota C-HR Foto: Ruly Kurniawan
Tangerang - Produsen mobil asal Jepang Toyota pada April lalu telah merilis C-HR untuk pertama kalinya di Indonesia. Saat kedatangannya ke Indonesia itu C-HR disebut-sebut bakalan menjadi rival utama Honda HR-V.

Toyota sendiri ogah kalau C-HR dibandingkan dengan HR-V. Toyota memang hanya memiliki satu varian C-HR di Indonesia dengan pilihan mesin 1.8 L bensin. Ini berbeda dengan HR-V yang memiliki dua pilihan mesin yakni 1.5 L dan 1.8 L.


Secara harga antara Honda HR-V dan Toyota C-HR memang perbedaannya cukup signifikan. HR-V bermesin 1.8 L alias tipe tertinggi dibanderol Rp 395 juta sementara C-HR hampir menyentuh setengah miliar atau sebesar Rp 488,5 juta.

"Sebenarnya kita nggak menyasar segmen tersebut (HR-V) karena segmen C-HR sangat logis dan bentuk mobilnya juga berbeda, orang mentingin punya mobil ini adalah anak muda yang pengin punya mobil baru," tutur Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto di Tangerang.


Sejak April diluncurkan, penjualan C-HR memang sesuai dengan harapan Toyota. Mengutip data distribusi wholesales (dari pabrik ke diler) milik Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) selama Mei-Juni Toyota melepas 229 unit. Atau kalau dirata-ratakan per bulannya mencapai 114-115 unit.

Selisih cukup jauh dengan HR-V tipe tertinggi. Dalam data yang sama, HR-V 1.8 L paling sedikit terjual 368 unit sementara puncaknya mencapai 577 unit pada bulan Juni. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed