GIIAS 2018: Mesin Mobil Mewah Ini Bisa Mati dalam 160 Km/Jam

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Rabu, 08 Agu 2018 11:42 WIB
Model berpose dengan mobil Audi A8 L. Mobil dijual seharga Rp 2.950.000.000 di GIIAS 2018. Foto: Ari Saputra
Tangerang - Saloon premium Audi A8 L resmi diperkenalkan PT Garuda Mataram Motor, Agen Pemegang Merek Audi di Indonesia di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, ICE, BSD, Tangerang.

Generasi keempat Audi A8 L ini punya teknologi hybrid yang cukup canggih. Bahkan bisa membuat mesin mobil mati otomatis saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi sampai 160 km per jam. Bagaimana caranya?

Kita lihat spek mesinnya dulu, sejatinya Audi menggunakan dua pilihan mesin V6 Turbo yaitu 3.0 TDI dan 3.0 TFSI. Tapi di Indonesia, PT Garuda Mataram Motor menawarkan pilihan mesin berbahan bakar bensin V6 Turbo 3.0 TFSI yang mampu menghembuskan tenaga puncak hingga 340 hp. Tenaga tersebut diteruskan ke sistem penggerak empat roda permanen quattro melalui transmisi otomatis 8-speed tiptronic.

Nah untuk pertama kalinya, Audi A8 juga telah dilengkapi dengan teknologi mild hybrid electric vehicle (MHEV) sebagai fitur standar. Teknologi utama di MHEV ini adalah sistem elektrik 48 V. Yang terdiri dari baterai ion lithium berkapasitas 10 Ah yang disimpan di bagian belakang mobil, serta belt alternator starter (BSG) yang terkoneksi ke crankshaft.

Teknologi ini menjadikan A8 mampu untuk berjalan konstan di kecepatan antara 55 - 160 km/jam dengan mesin mati dan hanya dengan menginjak pedal gas, mesin dapat dinyalakan kembali dengan proses yang halus. Mobil bisa melaju tanpa mesin nyala maksimal selama 40 detik. Meski mesin mati, AC dan kelistrikan mobil lain tetap menyala optimal.
"Dan proses nyala mati mesin ini sangat smooth takkan terasa bedanya," ujar National After Sales Manager Audi Adhi J Setiadhy di arena GIIAS 2018.

Dengan mild hybrid ini Audi A8 juga memiliki fungsi start/stop dan sistem penyimpanan energi hingga 12 kW yang menjadikan Audi A8 dapat menghemat bahan bakar hingga 0,7 liter setiap 100 km.

"Saat mobil melambat mulai dari 22 km per jam mesin akan dimatikan dan elektrik motor berfungsi sebagai alternator sehingga akan mengecas baterai, sehingga stand by, saat pengemudi tidak jadi berhenti otomatis mesin bensin nyala lagi dan itu simultan tidak kerasa mesinnya nyala hidup," ujarnya.

Dari sisi desain sedan termewah Audi ini menampilkan sosok yang elegan. Singleframe grille di bagian depan kini tampil lebih tegas, garis-garis tubuh berotot yang mengalir menggambarkan kemewahan sekaligus mempertegas nilai sporty, canggih dan progresif.

New Audi A8 L, memiliki jarak sumbu roda (wheelbase) yang lebih panjang 13 cm dari A8 standar, memiliki panjang total badan mobil hingga 5,3 meter dengan lebar 1,95 meter dan tinggi 1,49 meter. Identitas kuat New A8 L tampil menonjol baik siang maupun malam hari berkat penggunaan lampu utama HD Matrix LED, serta lampu LED light strip di lampu belakang. Lebih menarik lagi, lampu sein baik di depan maupun belakang telah menggunakan dynamic indicator.

Berkat panjangnya New Audi A8 L memiliki kabin lapang, namun desain interiornya justru disederhanakan, dengan panel instrumen di dashboard kini memiliki sedikit tombol dan tuas.

Di bagian tengah dashboard kini terdapat layar sentuh 10,1 inci yang tampil tersamar berkat warna panel gelap yang memiliki nuansa serupa dengan aksen high gloss black bezel di dashboard. LayarTFT berukuran 1.540 x 720 pixels menyuguhkan gambar yang sangat tajam dari berbagai sudut. Struktur menu yang tersedia juga semakin intuitif seperti ponsel pintar modern. Layar sentuh kedua berukuran 8,6 inci tersedia di konsol tengah sebagai pusat pengaturan
AC dan pengaturan kabin lainnya, termasuk untuk input teks.
Interior A8 LInterior A8 L Foto: M Luthfi Andhika

Yang terbaru, teknologi respons sentuhan MMI Audi kini telah disempurnakan dengan feedback berupa getaran dan suara sehingga menjadikan proses pemilihan menu semakin intuitif dan mudah digunakan.

Audi Virtual Cockpit

Audi A8 juga menggunakan layar full HD dengan resolusi 1,920 x 720 pixels dan NVIDIA K1 chip dan head-up display terintegrasi dengan MMI touch response dengan pengaturan untuk seluruh fitur yang ada pada the New Audi A8 L kini pengoperasiannya lebih praktis dan mudah.

"Tak perlu lagi muter-muter tombol di tengah konsol," tambah Sales Advisor Audi Aswin Febianto.





Tonton juga 'Hebat! Bus Buatan Lokal Ini Sudah Diekspor Ke Fiji':

[Gambas:Video 20detik]


GIIAS 2018: Mesin Mobil Mewah Ini Bisa Mati dalam 160 Km/Jam
(ddn/ddn)