Rabu, 08 Agu 2018 10:56 WIB

GIIAS 2018: Standar Euro4 untuk Motor Masih Dibicarakan

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Sepeda motor masih menggunakan standar Euro3. Foto: Imam Suripto/detikcom Sepeda motor masih menggunakan standar Euro3. Foto: Imam Suripto/detikcom
Tangerang - Standar emisi Euro4 akhirnya ditetapkan. Oktober nanti semua mobil dari para produsen sudah harus memenuhi syarat Euro4. Namun untuk motor masih menerapkan standar emisi yang lama yakni Euro3.

Hal tersebut menimbulkan pertanyaan, kapan standar emisi roda dua tidak ditingkatkan juga? Mengingat di negara lain rata-rata sudah mengusung standar Euro4.

Direktur Pengendalian Pencemaran Udara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dasrul Chaniago, mengatakan peningkatan standar emisi untuk motor sudah dalam pembicaraan. Dirinya mengaku sudah beberapa kali bertemu dengan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI).



"Motor kan Euro3 sudah sempat bertemu dua kali dengan AISI. Ya harus ditindaklanjuti," ujarnya kepada wartawan, di arena GIIAS 2018 di ICE, BSD, Tangerang, kemarin.

Namun untuk kepastiannya kapan perubahan standar emisi untuk motor, Dasrul masih belum bisa menjawabnya. Yang jelas sudah ada pertemuan dan akan terus dikembangkan.



"Targetnya secepatnya, sudah dua kali bertemu dengan AISI tentu pertemuan itu juga banyak faktor toh, bahan bakar sekarang kalau naik ke Euro4 apakah sudah ada di pelosok-pelosok, sampai 3 minggu yang lalau pom bensin Euro4 itu 761, masih Kalimantan dan Papua belum, itu Pertamina ngejar terus," ucap Dasrul. (khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com