Selasa, 07 Agu 2018 18:35 WIB

GIIAS 2018

Mobil Zaman Now Ringkih dan Gampang Rusak Bodinya? Ini Alasannya

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Crash test Foto: ANCAP Crash test Foto: ANCAP
Tangerang - Mobil-mobil zaman dulu terkenal dengan bodi yang super keras, bempernya berat sampai-sampai ada anekdot, kalau mobil dulu menabrak mobil low MPV zaman sekarang, mobil low MPV itu bakal remuk sampai setengah bodinya.

Hal ini tidak lepas dari terobosan teknologi yang dilakukan oleh pabrikan mobil. Bodi mobil sekarang, kasarnya sengaja dibuat gampang rusak justru untuk melindungi penumpang di dalam mobil dan pejalan kaki kalau mobil menyerempet pejalan kaki. Energi tumbukan saat terjadi kecelakaan bisa diserap sepenuhnya oleh bodi mobil sehingga tidak diteruskan ke kabin penumpang.

"Memang sebuah terobosan dipakai di mobil dunia untuk mengurangi kerusakan di kabin berusaha dikurangi dengan penggunaan crumple zone. Dulu pemilik mobil tidak peduli dengan pejalan kaki, mereka bikin bemper ala American style, keserempet dikit orang patah kakinya, sekarang lebih ramah dengan pejalan kaki sehingga kalau kita lihat mobil apapun, bempernya besar-besar tapi kosong atau gabus keras," ujar Taqwa Suryo Swasono pemilik bengkel gardenSpeed.com di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE, BSD, Tangerang, Selasa (7/8/2018).


Selain crumple zone, teknik kedua yang membuat mobil zaman now lebih aman adalah engine mounting yang didesain sedemikian rupa agar saat terjadi tabrakan mesin mobil mudah jatuh ke depan, tidak ke arah penumpang di kabin mobil.

"Aduh mobil sekarang ringkih padahal penumpangnya di kabin lebih aman, tabrakan sedikit mesin jatuh tapi di kabinnya aman, majority dari monokok frame sehingga mobil yang aman Eropa, dia yang leading sehingga semua melihat dia, mobil yang aman hampir saya tidak temui yang ringan karena monokoknya harus kuat, harus tahan melindungi penumpang kecuali mobil super sport seperti Lambo atau Ferrari yang semua pakai serat karbon," ujarnya. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed